[SALAH] Seorang Sultan Angkat Nono Menjadi Anak
By: Date: 27 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa seorang sultan tertarik untuk mengangkat bocah jenius asal Kupang bernama Nono menjadi anak merupakan koneksi yang salah. Faktanya, video tersebut menampilkan presenter Raffi Ahmad yang memberikan uang kepada Nono untuk membantu biaya sekolahnya.

=======

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1677450966.858843/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “GEGERKAN PUBLIK! Sultan Ini Tertarik Angkat Nono Menjadi Anak, Waduh…”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Galeri Seleb (https://www.youtube.com/@GaleriSeleb) pada 22 Februari 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa seorang sultan tertarik untuk mengangkat Nono menjadi anak. Diketahui bahwa Nono yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini berhasil mengukir prestasi sebagai juara 1 dunia dalam ajang ABG International Mathematics Competition setelah mengalahkan 7.000 peserta lain dari berbagai negara. Karena prestasi yang diperolehnya tersebut, banyak selebriti bahkan pejabat penting yang memberikan apresiasinya kepada Nono.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Pada narasi yang dibacakan, disebutkan bahwa presenter Raffi Ahmad memberikan uang sebesar 10 juta rupiah kepada Nono ketika bocah dengan nama lengkap Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay itu menjadi bintang tamu di acara FYP Trans7 pada 27 Januari 2023. Raffi Ahmad yang kagum pada kemampuan Nono itu menyebutkan bahwa uang tersebut ia berikan kepada Nono untuk membantu biaya sekolahnya.

Nono menjadi bintang tamu di FYP Trans7

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Galeri Seleb merupakan konten dengan koneksi yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=KHRPVaAc4B4
https://www.liputan6.com/hot/read/5193536/6-fakta-sosok-nono-bocah-asal-ntt-juara-dunia-matematika-berprestasi-sejak-kecil