[SALAH] SEPATU MATA-MATA PERANG DUNIA II
By: Date: 28 Februari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya sepatu tersebut adalah buatan seorang pekerja di sebuah perusahaan impor sepatu Herr Wolf sebagai bentuk lelucon. Sepatu tesebut disimpan di Museum Sepatu Hauenstein Jerman dan sepatu tersebut tidak dipakai oleh pada Perang Dunia II.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1677264649.306571/singlefile.html (Facebook)

https://archive.cob.web.id/archive/1677555765.751113/singlefile.html (Instagram)

====

[NARASI]: Ini adalah sepatu yang dipakai mata-mata sekutu selama perang dunia II untuk menyesatkan jerman dan mengarahkan mereka kearah yang berlawanan .
Asli bingung tentara jerman klo begini ceritanya.
#ZPUDYK

====

[PENJELASAN]:
Akun Facebook bernama Preno Anggara membagikan sebuah foto sepasang sepatu berwarna kuning dengan narasi yang mengklaim bahwa sepatu tersebut dipakai oleh mata-mata sekutu selama Perang Dunia II untuk menyesatkan Jerman dan mengarahkannya ke arah yang berlawanan.

Melansir Kompas.com, beberapa pemeriksa fakta telah menelusuri soal sepatu tersebut. Salah satunya Snopes pada artikelnya yang tayang pada 19 Maret 2022 dengan judul “No, These Shoes Weren’t Worn by Spies To Foil Spy Hunters”. Museum mata-mata Internasional di Washington DC, Amerika Serikat (AS) membantah bahwa itu adalah sepatu mata-mata. Seorang staf ahli museum bernama Aliza Bran menjelaskan bahwa warna, bahan, dan desain tidak mungkin digunakan sebagai sepatu mata-mata.

Foto yang identik dengan klaim tersebut juga ditemukan di situs Fake History Hunter pada artikelnya berjudul “NOT WWII spy shoes.” yang tayang pada 19 Maret 2022.

Blog yang secara khusus menulis soal pelurusan sejarah itu berhasil menelusuri keberadaan sepatu aslinya, yakni di Museum Sepatu Hauenstein di Jerman. Dia mengetahuinya melalui pengikut twitternya bernama Krystel Contreras yang mengirim detail foto sepatu unik tersebut. Terdapat penjelasan dari pihak museum melalui deskripsi yang dipasang di samping sepatu.

Sepatu itu disebut dibuat oleh seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan impor sepatu Herr Wolf. Dia merasa muak dan bosan dengan pelanggan yang selalu mengeluh dan selalu bertanya soal koleksi terbaru. Hingga akhirnya, Wolf dengan lelucon isengnya membuat sepatu dengan hak di alas bagian depan. Tidak disebutkan sama sekali bahwa sepatu tersebut merupakan sepatu mata-mata yang digunakan pada Perang Dunia II.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa sepatu pada foto tersebut adalah sepatu yang digunakan mata-mata Perang Dunia II tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/02/24/125900682/-hoaks-sepatu-mata-mata-saat-perang-dunia-ii?page=all#page2

https://www.snopes.com/fact-check/shoes-foil-spy-hunters/

https://fakehistoryhunter.net/2022/03/19/not-wwii-spy-shoes/