[SALAH] Sertifikasi Halal McDonald’s Dicabut di Seluruh Dunia
By: Date: 14 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Hoaks lama Kembali beredar. Situs resmi Muslim Judicial Council Halal Trust (MJCHT) menyebutkan McDonald masih menyandang status halal.
= = =
Kategori: Konteks yang Menyesatkan
= = =
Sumber: WhatsApp
https://archive.is/7lR3C

= = =
Narasi:
“Dengan dicabutnya sertifikat HALAL oleh Amerika sendiri, maka Mc Donald menjadi tidak halal lagi.

AMERIKA TELAH MENCABUT SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PRODUK2 MC DONALD.

BERITA PENTING!!!

Dewan Yudisial Muslim (MJC) & IQSA telah mencabut sertifikasi dari McDonald, KFC, dominos & Pizza Hut

Menurut kajian staf dapur di Florida, Amerika, bahan2 McDonald telah memperlihatkan bukti positif mengandung bahan dr DAGING BABI yg disebut “LM10” yg digunakan di dlm mayones McDonald.

Para pejabat resmi McDonald AfSel telah memastikan bhw seluruh bahan baku saus diimpor dr Amerika. Para pelanggan Muslim dihimbau utk tdk mengkonsumsi McDonald.

Dewan Yudisial Muslim (MJC) & IQSA juga telah menarik sertifikasi di seluruh negeri. Ini skrg jd tugas anda memberitahukan org lain.

Jgn abaikan pesan ini, krn Anda akan brdosa jika tdk ikut menyebarkankannya kpd org lain. Mrk yg memakannya berarti makan makanan HARAM. Jadi mohon
beritahukanlah kpd yg lainnya”
= = =
Penjelasan:
Beredar pesan berantai di WhatsApp yang mengklaim bahwa Dewan Yudisial Musllim (MJC) & IQSA telah mencabut sertifikat halal produk McDonald’s, KFC, Domino, dan Pizza Hut karena menurut kajian staf dapur di Florida memperlihatkan bukti positif mengandung daging babi atau LM10 yang terdapat pada mayones McDonald’s.

Faktanya klaim pesan tersebut tidak benar. Dilansir dari situs resmi Muslim Judicial Council Halal Trust (MJCHT) McDonald’s masih menyandang status halal. MUI juga mengklarifikasi melalui situs www.halalmui.org menjelaskan tidak ditemukannya kandungan babi sehingga dikeluarkan sertifikat halal sebagai berikut:
a. Restoran McDonald’s, dengan nomor Sertifikat Halal ID00410000002031019.
b. Restoran KFC, dengan nomor Sertifikat Halal ID00420000185770121.
c. Restoran Domino’s Pizza, dengan nomor Sertifikat Halal ID00420000187430621.
d. Restoran Pizza Hut, dengan nomor Sertifikat Halal ID00410000275770621.

Informasi serupa telah dibahas pada laman turnbackhoaks.id pada Juli 2023 berjudul “Amerika Mencabut Sertifikat Halal McDonald”. Maka klaim sertifikasi halal McDonald’s dicabut adalah tidak benar.

= = =
Referensi:
https://www.mcdonalds.co.id/newsroom/media-statement/klarifikasi-mcdonalds-atas-isu-dewan-yudisial-muslim-mjc-dan-iqsa-telah-mencabut-sertifikasi-dari-mcdonalds

https://turnbackhoax.id/2023/07/22/salah-amerika-mencabut-sertifikat-halal-mcdonald/

https://halalmui.org/klarifikasi-hoax-mcd-kfc-dominos-dan-pizza-hut/
https://mjchalaaltrust.co.za/mjc-clients/
= = =