[SALAH] Spanduk McDonalds Bertuliskan “Hey Crypto Bro’s WE ARE HIRING”
By: Date: 22 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hoaks berulang. Foto tersebut merupakan hasil suntingan dan pihak McDonalds tidak pernah memasang spanduk yang bertuliskan “Hey Crypto Bro’s WE ARE HIRING”.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/EMBZ4

=====

Narasi:
“Hey Crypto Bro’s WE ARE HIRING”

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @OrwellNGoode mengunggah foto yang menunjukkan bahwa McDonalds memasang spanduk yang menunjukkan bahwa pihak McDonalds mempekerjakan siapa saja yang telah terlibat dalam perdagangan cryptocurrency.

Cuitan yang diunggah pada 14 Mei lalu telah mendapatkan hampir 80,000 likes dan telah dibagikan serta dikutip ulang sebanyak 7,500 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan dan juga hoaks berulang. Foto spanduk tersebut diambil dari spanduk iklan mobil Hyundai di Polandia pada 16 November 2009.

Terlebih lagi, Reuters telah mengonfirmasi foto tersebut sebagai “Satire” dan pihak McDonalds tidak pernah membuat iklan tersebut.

Hoaks serupa juga pernah dibahas di laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Foto McDonalds “Hey Crypto Bro’s WE ARE HIRING” dan mengkategorikannya sebagai konten yang dimanipulasi.

Dengan demikian, foto spanduk McDonalds yang diunggah oleh @OrwellNGoode merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.reuters.com/article/factcheck-mcdonalds-tweet-idUSL1N2TQ2E5

https://turnbackhoax.id/2022/01/31/salah-foto-mcdonalds-hey-crypto-bros-we-are-hiring/