[SALAH] SRI MULYANI MABUK KEPALANG, MISTERI 300 T TERBONGKAR HINGGA DIINTEROGASI PENYIDIK KPK
By: Date: 26 Maret 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan editan dari cuplikan video wawancara Susno Duadji, kuliah umum Mahfud MD di Masjid Kampus UGM, dan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang diberi narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1679042993.898789/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
fakta baru terungkap!!dana 300 T di gelapkan sri mulyani mengaku hanya jalankan perintah pak Lurah..

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube FORUM BERITA NUSANTARA mengunggah video yang berjudul “fakta baru terungkap!!dana 300 T di gelapkan sri mulyani mengaku hanya jalankan perintah pak Lurah..”. Video tersebut diunggah pada tanggal 16 Maret 2023. Video tersebut diserta dengan tumbnai yang berisi tulisan : “SRI MULYANI MABUK KEPALANG, MISTERI 300 T TERBONGKAR HINGGA DIINTEROGASI PENYIDIK KPK”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Video pertama yang dicuplik adalah wawancara Susno Duadji yang diunggah oleh akun Youtube medcomid pada tanggal 13 Februari 2023 dengan judul : “SUSNO DUADJI MENILAI POLRI HARUS PUNYA DEWAN PENGAWAS SEPERTI KPK”.

Video kedua yang dicuplik adalah penyataan Mahfud MD pada kegiatan Ramadhan Public Lecturer pada tanggal 7 Mei 2019 yang diunggah oleh akun Youtube Masjid Kampus UGM. Dalam kegiatan tersebut Mahfud MD menyampaikan mengenai Masa Depan Islam dan Pancasila.

Video ketiga yang dicuplik adalah video siaran langsung upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 yang diunggah oleh akun Youtube Sekretariat Presiden.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/shorts/-3YlWD9cy7I
https://www.youtube.com/watch?v=watzHYWR0_U
https://www.youtube.com/watch?v=WzWjGbrfIOA