[SALAH] Suami Puan Maharani dan Anies Baswedan Terseret Kasus BTS 4G
By: Date: 22 Juni 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa suami Puan Maharani dan Anies Baswedan terseret kasus korupsi BTS 4G Kominfo merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1687343560.427251/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “GEGER PAGI INI || SUAMI PUAN & ANIES TERSERET KASUS BTS JHONNY PLATE, KINI NASIBNYA TAK TERTOLONG”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube KABAR NEWS (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 18 Juni 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa nasib Happy Hapsoro (suami Puan Maharani) dan Anies Baswedan sudah tidak tertolong sebab mereka terseret kasus korupsi BTS 4G Kominfo yang melibatkan Kemkominfo, Johnny G Plate.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi dan narasi dalam video tersebut menampilkan tentang pengamat politik kondang, Rocky Gerung, yang menilai bahwa kekacauan politik nasional saat ini bermula dari pencapresan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang. Diketahui bahwa Anies sendiri diusung oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang merupakan partai koalisi era Jokowi.

Selain itu, kekacauan tersebut juga disebabkan oleh adanya kasus korupsi BTS 4G Kominfo yang menyeret Muhammad Yusrizki, yakni Direktur Utama PT Basis Utama Prima (BUP) milik Happy Hapsoro. Lebih lanjut, Rocky Gerung mengatakan bahwa masyarakat akan melihat panggung politik sekaligus panggung hukum dalam kasus korupsi tersebut.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube KABAR NEWS merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:

https://monitorindonesia.com/2023/06/rocky-gerung-sebut-kekacauan-politik-berawal-dari-pencapresan-anies-masyarakat-bakal-lihat-panggung-politik-dan-hukum
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230615222902-37-446397/dirut-pt-milik-happy-hapsoro-tersangka-korupsi-bts-kominfo