[SALAH] Surat Rekrutmen PLN Untuk Lulusan SMA hingga S1
By: Date: 11 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi salah. Pakar Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Inge Permadi MS, SpGK membantah klaim tersebut dan menyebut hal tersebut adalah salah. Sementara foto balita yang ditambahkan dalam unggahan tersebut tidak ada hubungannya dengan narasi. Bayi tersebut bernama Shaka bocah yang terkena sindrom putri tidur sejak usia 8 bulan.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: http://bitly.ws/hbQa

======

[NARASI]:

“tolong beritahu seluruh orang yang ada di sebelah kalian, setelah makan kepiting jangan minum susu, juga tidak boleh makan pisang, bisa beracun, semestinya sudah ada di berita, ada anak yang belum sampai rumah sakit sudah meninggal, tidak peduli kalian sesibuk apapun harus memfoward pesan ini, tidak lebih dari semenit kok.”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama La Ode Miran, mengunggah sebuah informasi disertai gambar seorang anak kecil yang diklaim meninggal dunia setelah mengonsumsi pisang dan susu usai memakan kepiting. Akun tersebut juga meminta agar informasi itu disebarkan.

Berdasarkan penelusuran, Pakar Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Inge Permadi MS, SpGK membantah klaim tersebut.

“Itu bohongan banget. Kalau keselek pisang mungkin bisa menyebabkan kematian,” kata dr. Inge saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Menurut dia, baik susu maupun pisang, keduanya mengandung gizi besar. Prinsipnya, jelas dr. Inge, apa pun makanannya jika tidak beracun, tentu tidak akan menyebabkan kematian.

“Kalau misalnya menimbulkan penyakit hiperkolesterol sih bisa. Kalau tidak menimbulkan toxin, kenapa menyebabkan kematian,” jelas dia.

Sementara itu, foto bocah yang diklaim meninggal karena mengonsumsi pisang dan susu setelah memakan kepiting adalah salah. Berdasarkan pencarian menggunakan yandex, ditemukan beberapa artikel terkait bocah tersebut, salah satunya adalah solopos.com.

Bocah tersebut bernama Shaka yang menderita Sleeping Beauty Syndrome dan tertidur sejak usianya 8 bulan. Balita yang sempat viral pada pertengahan 2020 tersebut dinyatakan meninggal dunia pada 8 Oktober 2020, setelah tertidur selama satu tahun.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/11/120500865/-hoaks-bahaya-mengonsumsi-susu-dan-pisang-setelah-makan-kepiting?page=all

https://www.solopos.com/viral-bocah-ini-tidur-setahun-sejak-usia-8-bulan-1071702

https://www.liputan6.com/health/read/4378060/bayi-shaka-yang-viral-karena-tidur-setahun-meninggal-dunia