[SALAH] Survei Pengguna Chrome, Berhadiah Apple iphone 13 Pro
By: Date: 31 Januari 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani.

Modus penipuan. Tidak ada informasi resmi dari Google bahwa mengadakan survei berhadiah. Faktanya, tindakan tersebut adalah phishing atau upaya untuk mendapatkan data pribadi korban.

==========
[KATEGORI]

Konten Palsu

========
[NARASI]

“Selamat anda terpilih secara pribadi untuk ikut serta dalam Survei Tahunan Pengunjung 2023 dari kami! Beri tahu kami apa pendapat Anda mengenai chrome, sebagai ucapan ” Terima Kasih”, anda akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan Apple Iphone 13 Pro! “

Sumber : others
https://archive.ph/u4nFL

==========
[PENJELASAN]

Sebuah tautan muncul ketika sedang melakukan aktivitas browsing di Google Chrome. Tautan itu meminta pengguna untuk mengisi survei pengunjung tahunan Google Chrome 2023. Konten tautan juga menginfokan bahwa pengguna mendapat hadiah Apple Iphone 13 Pro setelah mengisi survei. Faktanya, tautan tersebut adalah modus penipuan dengan cara phishing.

Dilansir dari Liputan6.com, phishing adalah upaya mendapatkan informasi pribadi pengguna internet, yang biasanya dimulai dari sebuah email atau chat yang tampak seperti berasal dari sumber asli.

Akun Youtube Dion Zafiero pada 2020 lalu, mengunggah video pengalamannya saat mengisi survei pada tautan yang diklaim dari Google. Alhasil, saat dia berada pada soal survei terakhir dia diminta untuk mengisi data pribadi agar hadiah dapat diterima.

Sementara itu, Google mengonfirmasikan melalui Google Support bahwa pihaknya tidak melakukan survei tahunan apalagi iming-iming hadiah. Dengan demikian, tautan survei Google Chrome adalah hoaks kategori konten palsu.

=========
[REFERENSI]

https://www.liputan6.com/tekno/read/2961592/waspada-iming-iming-hadiah-iphone-7-dan-galaxy-s8-berkedok-google

https://support.google.com/chrome/thread/57238080?hl=id