[SALAH] SURYA PALOH BUBARKAN ACARA PERESMIAN CAWAPRES GANJAR
By: Date: 29 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi yang menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil rekayasa, dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi terkait Surya Paloh bubarkan acara peresmian cawapres Ganjar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695729783.439684/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MODYARRR….!! TIBA² SURYA PALOH DATANG KE ISTANA BUBARKAN ACARA PERESMIAN CAWAPRES GANJAR

PALOH TAK TERIMA!!
AKIBAT MAHFUD MD JADI CAWAPRES GANJAR

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan narasi Surya Paloh bubarkan acara peresmian cawapres Ganjar akibat tidak terima Mahfud MD jadi cawapres Ganjar beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 24 September 2023.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang terdapat pada video tersebut merupakan hasil manipulasi. Beberapa cuplikan yang ditampilkan dalam video tersebut tidak ada kaitanya dengan narasi yang beredar.

Cuplikan awal video yang menampilkan DPP PDI-P Puan Maharani tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi Liputan6 berjudul “Puan Maharani Ungkap 10 Nama Bakal Cawapres Ganjar Pranowo, Ada Nama AHY | Liputan 6” yang diunggah pada 7 Juni 2023.

Dalam video tersebut Puan Maharani mengungkap sepuluh nama bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di pilpres 2024.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ukang artikel dari populis.id berjudul “PDIP Disebut Sudah Tetapkan Pasangan Ganjar dan Mahfud MD Maju Pilpres 2024, Ternyata…” yang dimuat pada 12 April 2023.

Hingga saat ini PDI-P belum menetapkan sosok yang akan diusung untuk mendampingi Ganjar di Pilpres 2024.

Dengan demikian, klaim narasi yang beredar dari channel youtube AKTUAL tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/26/175300282/-hoaks-surya-paloh-bubarkan-acara-peresmian-cawapres-ganjar-pranowo

https://populis.id/read54842/pdip-disebut-sudah-tetapkan-pasangan-ganjar-dan-mahfud-md-maju-pilpres-2024-ternyata