[SALAH] Susi Pudjiastuti adalah Ibunda dari Lilly Wenda
By: Date: 20 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Susi Pudjiastuti adalah ibu dari Lilly Wenda merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada pernyataan dan pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1695090644.419583/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Najwa Shihab Dibuat Kagum – Lily Wenda Tak Ingin Dikenal Hanya Karena Latar Belakang Sang Ibu”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube JURNAL INFORMASI (https://www.youtube.com/@jurnaliser) pada 23 Agustus 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Najwa Shihab terdiam setelah mengetahui latar belakang ibunda dari Lilly Wenda. Narator menyebutkan bahwa Ibu Lilly Wenda merupakan salah satu wanita hebat di Indonesia. Pada thumbnail dan isi video, ditampilkan pula foto dari sosok mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada satu pun pernyataan dan pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan.

Beberapa foto Susi Pudjiastuti yang muncul pada video klaim tersebut nyatanya sama sekali tidak ada kaitannya dengan latar belakang Lilly Wenda. Diketahui bahwa Lilly Wenda yang menjadi pembawa baki Paskibraka Nasional 2023 itu merupakan anak ketiga dari pasangan Suparman dan Karolina Wenda. Ayah Lilly sendiri berprofesi sebagai anggota polisi yang sedang bertugas di Papua Pegunungan, sedangkan ibunya merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT).

Sumber: merdeka.com

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube JURNAL INFORMASI merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6881512/sosok-lilly-indriani-putri-papua-pembawa-baki-paskibraka-nasional-2023
https://www.merdeka.com/trending/keluarga-polisi-lilly-wenda-paskibraka-pembawa-baki-di-istana-cita-cita-ingin-masuk-akpol-17060-mvk.html#:~:text=Tak%20disangka%2C%20ayah%20Lilly%20ternyata,yang%20bertugas%20di%20Papua%20Pegunungan