[SALAH] “Tank Israel Hancur lebur Seperti kisah Burung Ababil”
By: Date: 10 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

MENYESATKAN, memanfaatkan momen yang sedang berlangsung. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Israel, video yang dibagikan adalah potongan dari rekaman permainan (Game) PUBG.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/lTkbZ (arsip cadangan).

NARASI: “Tank Tank Israel Hancur lebur 😘😘
Seperti kisah Burung Ababil”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan narasi atau klaim yang MENYESATKAN, memanfaatkan momen yang sedang berlangsung. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Israel, video yang dibagikan adalah potongan dari rekaman permainan (Game) PUBG.

Verifikasi Video

Salah satu sumber video dengan bagian yang identik dengan konteks yang BENAR, Captain Mohamed Sheta di YouTube pada 7 Nov 2023: “Atlet” (terjemahan Google Translate Chrome extension). [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google, kata kunci: “pubg mobile payload tanks”. [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Game PUBG terbaru di dunia modern, pelajari cara bermainnya”, https://bit.ly/3SzWhvc (dengan bahasa asli) / https://archive.ph/Pug0y (arsip cadangan).

[3] google.com, https://bit.ly/3QyxNiZ / https://archive.ph/9VIhG (arsip cadangan).