[SALAH] TEMUAN RATUSAN BOM DAN TULANG MANUSIA DI RUANG RAHASIA SAMBO
By: Date: 30 Maret 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut tidak ditemukan informasi bahwa di ruang rahasia Ferdy Sambo ditemukan ratusan bom dan tulang manusia.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1680011721.302804/singlefile.html (Youtube)

====

[NARASI]:
GEGER PAGI INI || PUBLIK TERK3JUT, T£MUAN RATUSAN B0M & TUL4NG M3NUS!A DIRU4NG R4H4SIA SAMBO

RUANG RAHASIA SAMBO BERISI RATUSAN POTONGAN TUBUH MANUSIA & BOM

====

[PENJELASAN]:
Beredar video dari channel youtube Kabar news dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa di ruang rahasia Ferdy Sambo ditemukan ratusan bom dan tulang manusia.

Setelah dilakukan penelusuran, isi dalam video tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi KOMPASTV berjudul “Sebelum Diperintah Sambo, Eliezer Sempat Simpan Steyr di Lemari Senjata Sambo Didampingi Putri” yang tayang pada 5 Januari 2023.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari detik.com berjudul “Cerita Eliezer soal Pintu Rahasia dan Lemari Senjata di Rumah Sambo” yang diunggah pada 14 Desember 2022.

Thumbnail dalam video tersebut identik dengan foto yang diunggah pada artikel the-past.com pada 18 Januari 2022 dengan judul “Pre-Columbian mass grave found in Peru”.

Foto tersebut menampilkan penggalian di area yang ditinggikan di kompleks Utzh An mengungkap kuburan massal yang berisi sisa-sisa 25 orang, terkubur dengan tembikar serta benda-benda yang berkaitan dengan produksi tekstil dan diyakini sebagai anggota elit Chimú.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa di ruang rahasia Ferdy Sambo ditemukan ratusan bom dan tulang manusia tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2023/01/19/salah-hakim-temukan-puluhan-tengkorak-di-rumah-ferdy-sambo/

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/03/25/160400982/-hoaks-ratusan-bom-dan-tulang-manusia-di-ruang-rahasia-ferdy-sambo

https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6460448/cerita-eliezer-soal-pintu-rahasia-dan-lemari-senjata-di-rumah-sambo?single=1