[SALAH] Tentara Israel Menjatuhkan Bom saat Anak-Anak Palestina Mengambil Air
By: Date: 31 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan tentara Sudan yang menjatuhkan serangan drone ke tentara RSF di Bandara Khartoum, Sudan, bukan tentara Israel yang mengebom anak-anak Palestina.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/83CQh

Arsip video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1716157540487278592/pu/vid/avc1/456×270/RG93z3UpW_msPQZP.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Tentara Israel menjatuhkan bom terhadap anak-anak Palestina yang berkumpul untuk minum air. Bangsa Yahudi Israel adalah bangsa terburuk di dunia. Negara-negara yang mendukung Israel seharusnya malu pada diri mereka sendiri karena mendukung terorisme.

#IsraelTeroris #GazaGenosida #Gaza #Israel”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Shoaib_Malick10 mengunggah video yang menunjukkan sebuah bom dijatuhkan dari atas ke sekerumunan orang. Pengguna Twitter tersebut menklaim bahwa bom tersebut berasal dari tentara Israel kepada anak-anak Palestina yang sedang berkumpul untuk mengambil air. Cuitan dan video yang diunggah pada 22 Oktober tersebut telah disukai 62 orang, dibagikan dan dikutip ulang hampir 50 kali, serta telah dilihat hampir 10,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video yang diklaim @Shoaib_Malick10 tersebut memang baru viral pada Oktober tahun ini, namun diambil di area Bandara Khartoum, Sudan. Informasi tersebut dilansir dari akun Twitter resmi kanal berita Sudan, @Sudan_tweet. Cuitan dari @Sudan_tweet, setelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, berbunyi sebagai berikut:

“Sebuah pergerakan tentara menargetkan sekelompok tentara bayaran milisi Dukungan Cepat (Rapid Support militia mercenaries), yang berkumpul untuk mengisi bahan bakar sepeda motor mereka”.

Terlebih lagi, video yang sama persis pernah diunggah oleh kanal berita Turki “Haber7” pada 12 Oktober 2023 dengan judul “Serangan Drone di Sudan Sebabkan Bencana!”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @Shoaib_Malick10 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://twitter.com/Sudan_tweet/status/1712408936928686208

https://video.haber7.com/video-galeri/252398-sudandaki-drone-saldirisi-faciaya-neden-oldu