[SALAH] TINGGALKAN KURSI ISTANA || MA’RUF AMIN MILIH FOKUS DAN MANTAPKAN DUKUNGAN KE ANIES.
By: Date: 29 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.Unggahan video dengan klaim Ma’ruf Amin meninggalkan kursi istana untuk mendukung Anies. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya. Unggahan tersebut hanya menunjukkan gabungan dari beberapa video dari Anies Baswedan dan Ma’ruf Amin serta hanya menarasikan artikel tentang berita dukungan para saudagar kaya Arab Saudi yang mendukung Anies Baswedan.

=========
[KATEGORI]: Koneksi yang salah.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684866472.37436/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “TINGGALKAN KURSI ISTANA || MA’RUF AMIN MILIH FOKUS DAN MANTAPKAN DUKUNGAN KE ANIES.”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Politik Rakyat Indonesia pada 4 Mei 2023 mengunggah video dengan judul “TINGGALKAN KURSI ISTANA || MA’RUF AMIN MILIH FOKUS DAN MANTAPKAN DUKUNGAN KE ANIES”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 6 menit 16 detik itu hanya menampilkan gabungan video Anies dan Ma’ruf Amin sehingga seolah-olah Ma’ruf Amin mendukung pidato yang disampaikan oleh Anies sebelumnya. Faktanya dua video tersebut berbeda, yaitu video Anies Baswedan berpidato saat HUT partai Nasdem dan video pidato Ma’ruf Amin pada saat Jokowi menyampaikan pidato sebagai presiden terpilih.

Unggahan tersebut juga menarasikan artikel berjudul “Pedagang di Arab Saudi hingga Pengusaha Kaya Dukung Anies Baswedan, Beri Diskon Besar sampai Pinjamkan Rumah untuk Sekber Koalisi” yang diunggah pada laman Kontenislam.com tanggal 27 Maret 2023. Artikel ini berisi tentang dukungan dari para pedagang dan pengusaha Arab Saudi yang mendukung Anies Baswedan.

==========
[REFERENSI]:
– https://www.kontenislam.com/2023/03/pedagang-di-arab-saudi-hingga-pengusaha.html?m=1
– https://youtu.be/TrUD_apfQCI