[SALAH] Vaksin Polio Bill Gates Justru Membuat Anak-Anak di India Lumpuh
By: Date: 30 November 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani. Cuitan Twitter mengenai vaksin Polio dari The Bill and Melinda Gates Fondation (BMGF) membuat banyak anak- anak di India lumpuh adalah tidak benar. Faktanya, India telah mendapatkan sertifikasi bebas polio berkat program imunisasi selama dua dekade.

=====

[KATEGORI]

Konten yang menyesatkan

=====

[NARASI]

“Kesaksian dari India Sendiri, vax polio justru membuat anak2 di India lumpuh”
“Menarik, tmn saya dr India blng, vaksin polio dr Bill Gates gagal di sana dan menyisakan anak2 india yang lumpuh”

Sumber : Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1669010034.001865/singlefile.html

=====

[PENJELASAN]

Sebuat cuitan twitter oleh akun @Sumandogaek membagikan kembali twit lama tahun 2020 dari akun @TwitsvonDS dengan klaim vaksin polio dari yayasan Bill Gates atau BMGF telah membuat banyak anak- anak india lumpuh.

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta oleh The Logical Indian, tidak ada bukti yang ditemukan yang membuktikan bahwa banyak anak-anak di India menderita kelumpuhan akibat Vaksin Polio oral (OPV) Bill Gates. Justru pada tahun 2014, WHO melaporkan secara resmi India dinyatakan bebas Polio.

New Indian Express menulis, meskipun pada tahun 2009 dan 2010 ditemukan 17 kasus polio akibat vaksin polio, pejabat tinggi di Kementrian kesehatan India mengatakan manfaat OPV jauh lebih besar daripada resikonya.

=====

[REFERENSI]

https://fullfact.org/online/gates-polio-vaccine/

https://www.newindianexpress.com/nation/2019/oct/23/oral-polio-vaccine-causing-paralysis-in-kids-study-2051670.html

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1602/keliru-bill-gates-diusir-dari-india-karena-menyebabkan-47-ribu-anak-cacat-setelah-mendapat-vaksin-polio