[SALAH] Video “AKHIRNYA ADIAN DIANGKAT JADI MENTERI DETIK DETIK JOKOWI PIMPIN LANGSUNG SUMPAH JABATAN”
By: Date: 23 Mei 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

MENYESATKAN, isi video BUKAN tentang pelantikan Adian Napitupulu menjadi Menteri. FAKTA: video sebenarnya berisi pembacaan yang mentranskrip artikel berisi tulisan opini dengan potongan-potongan video yang digunakan untuk keperluan visualisasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/dHoej (arsip cadangan).

NARASI: * “AKHIRNYA ADIAN DIANGKAT JADI MENTERI DETIK DETIK JOKOWI PIMPIN LANGSUNG SUMPAH JABATAN” (di gambar pratinjau/thumbnail).

* “Akh1rnya Di1antik Det1k Det1k J0k0wi P1mp1n L4ngsung Sump4h Jab4tan Untuk And1an Nap1tupu1u” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video BUKAN tentang pelantikan Adian Napitupulu menjadi Menteri. Video sebenarnya berisi pembacaan yang mentranskrip artikel berisi tulisan opini dengan potongan-potongan video yang digunakan untuk keperluan visualisasi.

Verifikasi Video

Salah satu sumber potongan video yang sebelumnya membagikan video dengan segmen yang identik dengan konteks yang BENAR, KOMPASTV di YouTube pada 16 Jun 2019: “#JokoWidodo #Aktivis98 Presiden Joko Widodo yang juga Calon Presiden nomor urut nol satu kembali menyinggung kandidat calon Menteri. Kali ini dalam forum silaturahmi dan halal bihalal aktivis 98 Presiden menyinggung belum ada Menteri yang berasal dari aktivis 98. …” [2]

Artikel yang dibaca di video, SEWORD pada 14 Agu 2019: “Menjadi seorang menteri, bagi sebagian orang/politikus memang terasa nikmat sekali. Selain mendapat fasilitas istimewa, seorang menteri akan selalu dihormati dan diprioritaskan ke mana saja ia pergi. Ada ratusan bahkan ribuan bawahan yang selalu akan menundukkan kepalanya setiap kali bersalaman atau hanya sekedar bertemu dengan sang menteri. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “jokowi halal bihalal aktivis 98 2019” [4]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “jokowi halal bihalal aktivis 98 2019” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Jokowi: Aktivis ’98 Bisa Jadi Menteri”, https://bit.ly/43cZN13 / https://archive.ph/rZVjF (arsip cadangan).

[3] seword.com: “Jokowi Sudah Pasti Pilih Adian Napitupulu Jadi Menterinya?”, https://bit.ly/3olhnk0 / https://archive.ph/5kkFF (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/433j30H / https://archive.ph/nNvNN (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3q5PTPO / https://archive.ph/oeIFM (arsip cadangan).