[SALAH] Video Anak Dinosaurus Berkeliaran
By: Date: 20 Mei 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Bukan anak Dinosaurus. Hewan yang ada dalam video adalah coati, termasuk anggota keluarga hewan rakun. Video diedit dengan durasi mundur sehingga tampak ekornya yg berjalan dan menyerupai leher panjang dinosaurus.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Twitter

https://archive.vn/Jz4fi

=====

NARASI:
Dinosaurs born again!!!

*video hewan menyerupai dinosaurus berjalan melewati genangan air

=====

PENJELASAN:
Beredar sebuah postingan oleh akun bernama @ZombieAviator, memposting sebuah video memperlihatkan kumpulan hewan yang menyerupai dinosaurus kecil, berjalan melewati genangan air. @ZombieAviator memberikan narasi bahwa hewan tersebut adalah dinosaurus.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, hewan tersebut bukanlah dinosaurus, melainkan hewan coati. Video diedit dengan durasi mundur sehingga tampak ekornya yg berjalan dan menyerupai leher panjang dinosaurus.

Dilansir dari India Today, saat menelusuri lewat pencarian YouTube dengan kata kunci “coatis in reverse”, ditemukan sebuah video berjudul “Coatis in Reverse with Jurassic Park Theme”, diupload pada tahun 2019, memperlihatkan segerombol hewan coatis yang berjalan dengan editan video mundur. Coatis tersebut nampak seperti dinosaurus, karena ekor coatis yang membentuk seperti leher dinosaurus.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @ZombieAviator adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====

REFERENSI:
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/jurassic-park-real-life-baby-dinosaurs-viral-video-reversed-1946921-2022-05-08

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian