[SALAH] Video Apel Persiapan Lockdown DKI
By: Date: 22 Juni 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Video tersebut merupakan hoaks. Faktanya, video tersebut merupakan apel untuk pelaksanaan PPKM Mikro DKI Jakarta.

Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Salah

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.ph/PtHZI

= = = = =

NARASI:
“APEL PERSIAPAN LOCKDOWN DKI”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Agus Efriyanto memposting sebuah video berdurasi 14 detik. Dalam video yang diambil dari dalam mobil tersebut terdengar suara yang mengklaim bahwa sedang terjadi apel persiapan lockdown DKI.

Setelah ditelusuri melansir dari detik.com Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa video tersebut bukan apel lockdown. Apel tersebut merupakan apel untuk pelaksanaan PPKM Mikro DKI Jakarta. Apel yang bertempat di Monas tersebut juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta yang menyebut kondisi Jakarta saat ini semakin mengkhawatirkan.

Informasi video yang beredar di media sosial tentang video apel persiapan lockdown DKI merupakan hoaks juga didapatkan dari kanal Youtube Tribun Jateng dalam salah satu videonya berjudul “Hoaks Polisi Apel Jelang Lockdown DKI Jakarta” yang diunggah pada 21 Juni 2021.

Dengan demikian video yang diklaim merupakan apel persiapan lockdown DKI merupakan hoaks. Hal tersebut sudah diklarifikasi oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo bahwa apel tersebut dalam rangka pelaksanaan PPKM Mikro DKI Jakarta sehingga masuk dalam kategori konten yang salah.

REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-5613405/video-apel-di-monas-viral-polisi-itu-bukan-apel-persiapan-lockdown
https://youtu.be/1edjQDOlnw8

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian