[SALAH] Video Awan Pasir di Atas Eropa Saat ini
By: Date: 24 Maret 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan peristiwa yang terjadi di Eropa. Video tersebut adalah metode pengumpulan benih rumput yang digunakan dalam pertanian di Brazil.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.st/archive/2022/3/twitter.com/vdq4/twitter.com/melorsballivor/status/1504207810149687296.html

====

Narasi:

“Sand cloud over Europe at the moment!”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Melors (@melorsballivor) membagikan ulang video akun Twitter @GerdaO123 pada 17 Maret 2022 dengan menambahkan klaim awan pasir saat ini berada di atas Eropa.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan badai pasir di benua Eropa dan merupakan potongan dari video berjudul “AgroRec, vídeos e fotos feitas por você” yang diunggah oleh kanal Youtube Agroband Official pada 8 Agustus 2019. Agroband merupakan program asal Brazil yang menyiarkan informasi seputar agribisnis dan dunia pedesaan. Mengutip dari situs berbahasa Spanyol, Newral, narator dalam video YouTube itu menyebutkan bahwa traktor berdebu tersebut digunakan sebagai metode mengumpulkan benih rumput.

Dalam video YouTube lain dari perusahaan Pertanian Brazil, Germipasto, dijelaskan bahwa mesin mengumpulkan tanah tempat benih ditemukan, di dalamnya benih dan tanah dipisahkan, lalu sisa-sisanya dikeluarkan dari atas. Pada saat itu, dapat dilihat debu dan asap keluar dari saluran.

Dengan demikian, cuitan akun Twitter Melors (@melorsballivor) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.newtral.es/calima-bulo-tractores/20220322/

Editor: Bentang Febrylian