[SALAH] Video Bangkai Putri Duyung Tertangkap di Samudra Atlantik
By: Date: 29 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Makhluk yang ditampilkan dalam video tersebut bukanlah bangkai putri duyung atau makhluk aneh lainnya, melainkan model 3D yang diproduksi untuk HBO Max TV Show dengan judul ‘Raised by Wolves.’

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1703732339.777807/index.html (Twitter)

=====

[NARASI]:

“Another Buru :merman: mermaid was catched dead by a fishing :ship: off the coast of Atlantic Ocean.
After disinfecting it was studied then cut. It has human fish organs, it’s purpose is unknown but believed to be a guard near underwater reptilian castles where high ranking deities reside.”

Terjemahan:

“Putri duyung Buru :merman: lain ditangkap mati saat memancing :ship: di lepas pantai Samudra Atlantik.
Setelah didisinfeksi dipelajari kemudian dipotong. Ia memiliki organ ikan manusia, tujuannya tidak diketahui tetapi diyakini sebagai penjaga dekat kastil reptil bawah air tempat tinggal dewa tingkat tinggi.”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @maikpi70 mengunggah cuitan dengan klaim telah ditemukan sebuah bangkai makhluk yang dianggap sebagai putri duyung Buru di Samudra Atlantik. Setelah didisinfeksi dan dipelajari, makhluk tersebut memiliki organ ikan manusia. Makhluk tersebut dianggap sebagai penjaga kastil bawah laut.

Dalam cuitan tersebut juga dilampirkan video yang mendukung klaim yang beredar.

Dikutip dari laman Factly.in, ditemukan fakta bahwa makhluk yang ditampilkan dalam video tersebut bukanlah putri duyung ataupun makhluk aneh lainnya, melainkan model 3D yang diproduksi untuk HBO Max TV Show dengan judul ‘Raised by Wolves.’

Setelah dilakukan penelusuran gambar dengan menggunakan keyframes pada video, ditemukan unggahan asli video tersebut. Video ini berasal dari akun TikTok Smooth-On yang dikenal dengan produksi 3D cast.

Video TikTok tersebut menampilkan visual yang sama dengan video yang viral, namun dengan konteks yang berbeda. Deskripsi video TikTok secara eksplisit menyebutkan bahwa video tersebut menampilkan makhluk yang diciptakan untuk acara TV HBO Max “Raised By Wolves” di Dreamsmith. Dreamsmith adalah perusahaan yang memproduksi alat peraga dan model 3D Print.

Selain itu, ditelusuri dari halaman Instagram resmi Dreamsmith ditemukan fakta bahwa itu memang dibuat oleh mereka bekerja sama dengan artis lain bernama Furio Tedeschi.

=====

[REFERENSI]:

– https://factly.in/this-video-does-not-show-a-strange-creature-found-in-a-sea-it-is-a-3d-model-created-for-a-tv-show/
– https://www.instagram.com/p/CrQ7YjhgXcb/?hl=en
– https://www.instagram.com/p/CrTuYSfgJaZ/