[SALAH]: Video Benda Asing Menabrak Bulan
By: Date: 20 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Bukan video asli. Video benda asing menabrak Bulan ini berasal dari akun TikTok Greg Pietrantonio yang diunggah pada 6 September 2020. Pietrantonio mengatakan bahwa dia membuat video menggunakan Adobe After Effects, alat yang digunakan untuk grafik gerak dan efek visual.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: TIKTOK (https://archive.fo/5ALwo)

======

[NARASI]:

“NGERI, DETIK DETIK BENDA ANGKASA NABRAK BULAN, ADA YANG BISA JELASIN ITU APA ??”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun TikTok bernama erika_gwen mengunggah video yang memperlihatkan sebuah benda asing yang diklaim menabrak bulan hingga tertembus. Dalam video tersebut terdapat 2 video dengan angle berbeda dengan menyebutkan dua tempat yaitu Texas dan California Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil penelusuran, video benda asing menabrak bulan ini pertama kali berasal dari akun TikTok Greg Pietrantonio yang diunggah pada 6 September 2020. Video tersebut akhirnya viral dan diunggah oleh banyak akun TikTok lainnya. Nyatanya, Itu bukanlah video asli melainkan video yang sudah diedit oleh Pietrantonio.

Dilansir dari AFP, Pietrantonio mengatakan bahwa dia membuat video menggunakan Adobe After Effects, alat yang digunakan untuk grafik gerak dan efek visual. Apabila melihat konten-konten lain di akun TikTok Pietrantonio, ada banyak video serupa yang menggambarkan kehancuran Bulan dan bencana lainnya.

Pietrantonio mengkategorikan kontennya sebagai sci-fi atau fiksi ilmiah yang menggugah pikiran.

“Ini adalah hobi saya, yang saya mulai hanya untuk bersenang-senang, kemudian dengan cepat mendapatkan pengikut yang cukup besar di TikTok,” kata dia.

======

REFERENSI:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.328D9EW

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/18/175700382/-hoaks-video-benda-asing-menabrak-bulan?page=2