[SALAH] Video Bendera Khilafah Dikibarkan Saat Pembukaan Piala Dunia di Qatar
By: Date: 1 Desember 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya video tersebut merupakan video lama pada saat final King’s Cup Saudi Arabia 2019. Bendera yang dikibarkan oleh seseorang yang menaiki Omni Hoverboard tersebut bukan bendera khilafah, melainkan bendera Arab Saudi. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/E6ZN-FGW7

= = =

Narasi:

“Pembukaan piala dunia di Qatar. Bedera khilafah di kibarkan disana”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan seseorang sedang menaiki Omni Hoverboard dan mengibarkan bendera yang diklaim merupakan bendera khilafah. Terlihat dalam video tersebut di dalam stadion sepak bola, beberapa saat sebelum pertandingan dimulai. Video tersebut diklaim merupakan pembukaan piala dunia di Qatar.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan video lama sejak 2019, beberapa saat sebelum pertandingan final kompetisi King’s Cup Saudi Arabia 2019. ACTLD, Perusahaan lighting designer yang menangani pencahayaan saat acara final tersebut melalui situs resminya juga membagikan foto pada saat pengibaran bendera Arab Saudi dengan menggunakan Omni Hoverboard. Diketahui final King’s Cup Saudi Arabia 2019 mempertemukan Al-Taawoun FC melawan Al-Ittihad Club, melalui akun Twitter resmi Al-Ittihad Club juga membagikan foto dengan frame yang sama dalam video tersebut yang dibagikan sejak 3 Mei 2019. Sehingga dapat disimpulkan klaim dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan pembukaan piala dunia di Qatar 2022.

Selain itu, bendera yang berkibar dalam video tersebut berbeda dengan bendera khilafah. Bendera khilafah berlatar hitam atau putih serta tidak terdapat pedang di bawah kalimat tauhidnya, sedangkan bendera Arab Saudi terdapat kalimat tauhid dengan latar berwarna hijau tua dan terdapat sebuah pedang berwarna putih di bawah kalimat tauhid tersebut.

Dengan demikian, Video Bendera Khilafah Dikibarkan Saat Pembukaan Piala Dunia di Qatar  merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.actld.com/portfolio/project-kings-cup/

https://twitter.com/ittihad/status/1124031916590682112/photo/2

https://sabq.org/sports/pdw2tf

https://id.wikipedia.org/wiki/Bendera_Arab_Saudi

Editor: Bentang Febrylian