[SALAH] Video “Dokter Terawan mempromosikan obat tekanan darah tinggi”
By: Date: 2 Februari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi palsu. Faktanya, suara Rosi dan Dokter Terawan di video itu sudah diganti dengan teknologi AI. Video asli adalah ketika Rosianna Silalahi mewawancarai Dokter Terawan terkait sejumlah pertanyaan publik dalam acara ROSI yang tayang di kanal Youtube KOMPASTV pada 8 Juli 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Play fun (fb.com/100084984968465) pada 29 Januari 2024 mengunggah sebuah video yang menampilkan presenter berita Rosianna Silalahi yang sedang mewawancarai Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SpRad (K) dengan narasi:

“Tekanan darah Anda akan menjadi 120/80 dan Anda akan kembali normal”

Sumber: https://archive.cob.web.id/archive/1706801565.974081/index.html (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan Dokter Terawan mempromosikan obat tekanan darah tinggi merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, suara Rosi dan Dokter Terawan di video itu sudah diganti dengan teknologi AI. Video asli adalah ketika Rosianna Silalahi mewawancarai Dokter Terawan terkait sejumlah pertanyaan publik dalam acara ROSI yang tayang di kanal Youtube KOMPASTV pada 8 Juli 2022.

Video asli wawancara Rosi dengan Dokter Terawan diunggah di kanal Youtube KOMPASTV pada 8 Juli 2022 dengan judul “[ROSI EKSKLUSIF] Akhirnya, Dokter Terawan Menjawab”. Di video berdurasi 1 jam 1 menit 46 detik ini, tidak ditemukan narasi seperti yang diunggah di sumber klaim.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=o1KDF8W6ZLc