[SALAH] Video Kecelakaan di Daerah Bedono, Kabupaten Semarang Tanggal 1 Juni 2022
By: Date: 6 Juni 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video kecelakaan di daerah Bedono, Kabupaten Semarang pada tanggal 1 Juni 2022. Faktanya, video tersebut merupakan video kecelakaan yang terjadi di Jalan Ir. Sutami, Bandar Lampung pada 30 Mei 2022.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: WhatsApp
https://archive.ph/HjL0Y

= = = = =

NARASI:

“[1/6 11:23]
Kecelakaan baru saja di kopi eva.
Peringatan utk kita…jgn sekali2 posisi di belakang truk jalan nanjak…sangat berbahaya.
[1/6 11:23] Kopi EVA di daerah Bedono Kec. Jambu, Kab. Semarang”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video melalui WhatsApp yang menunjukkan kondisi setelah terjadi kecelakaan antara truk dan beberapa kendaraan lain. Video tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di depan rumah makan Kopi Eva di daerah Bedono, Kabupaten Semarang pada tanggal 1 Juni 2022.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video kecelakaan di daerah Bedono, Kabupaten Semarang pada tanggal 1 Juni 2022. Faktanya, video tersebut merupakan video kecelakaan yang terjadi di Jalan Ir. Sutami, Bandar Lampung pada 30 Mei 2022.

Video serupa telah diunggah oleh kanal YouTube “Lampung TV” pada 31 Mei 2022 dengan judul video “Bandarlampung: Kontainer Rem Blong Seruduk 6 Kendaraan”. Lebih lanjut, melansir dari Tribun News, Kasat Lantas AKP Dwi Himawan Chandra menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dan tidak ada kecelakaan yang terjadi di daerah Bedono pada waktu yang disampaikan dalam pesan WhatsApp.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=GHrvubCczFU

https://www.tribunnews.com/regional/2022/06/02/viral-kecelakaan-beruntun-maut-di-dekat-kopi-eva-jambu-semarang-polisi-hoax

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian