[SALAH] Video “KERJA SAMA JOKOWI DAN HAKIM MK BENAR² BIKIN PRABOWO TENGGELAM”
By: Date: 26 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

MENYESATKAN, berisi pelintiran konteks. FAKTA: menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan, dan pembacaan artikel dari media opini.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/Zyrtz (arsip cadangan).

NARASI: “LANGSUNG DITANDA TANGANI.. KERJA SAMA J0K0WI DAN HAKIM MK BENAR² BIKIN PRAB0W0 T3NGG3L3M”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]

SUMBER membagikan konten yang berisi pelintiran konteks sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH, FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari media opini.

Verifikasi Video

Salah satu sumber gambar pratinjau dengan konteks yang BENAR, Sekretariat Kabinet RI pada 7 April 2016: “Usai memimpin Sidang Kabinet Paripurna (SKP), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil sumpah Anwar Usman sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (7/4) siang. Anwar Usman diambil sumpahnya untuk menjadi hakim konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk masa jabatan 2016-2018. …” [2]

Salah satu sumber potongan video dengan konteks yang BENAR yang digunakan di konten yang dibagikan oleh SUMBER, KOMPASTV di YouTube pada 19 Jun 2019: “#SidangMK #GugatanPrabowo #SengketaPilpres2019 Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Enny Nurbaningsih meminta bukti DPT invalid 17,5 juta yang dinarasikan oleh saksi Prabowo-Sandi, Agus Maksum. …” [3]

Artikel yang dibaca, SEWORD pada 7 Agu 2023: “Kelihatannya Prabowo sedang bernafsu ingin meloloskan Gibran untuk menjadi calon wakil presiden meskipun batas usia di MK sudah diatur bahwa yang bisa mencalonkan diri menjadi capres atau cawapres adalah usia minimal 40. Dan lewat Gerindra juga para politisi politisi yang ingin banget Prabowo jadi presiden, mereka terus-menerus menggugat mahkamah konstitusi agar usia diturunkan menjadi 35. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Images dan Google News, kata kunci: “ambil sumpah anwar usman”. [5] [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] setkab.go.id: “Presiden Jokowi Ambil Sumpah Anwar Usman Sebagai Hakim Konstitusi di MK”, https://bit.ly/3QNqANW / https://archive.ph/v1PEc (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Hakim MK Minta Bukti, Tim Prabowo Minta Waktu”, https://bit.ly/3qDK4dj / https://archive.ph/vEj9l (arsip cadangan).

[4] seword.com: “Sikap Jokowi Soal Usia Minimal Capres Cawapres Bikin Prabowo CS Kejet-kejet”, https://bit.ly/3KTKEug / https://archive.ph/Cf2fg (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/45mapvt / https://ghostarchive.org/archive/qzKdn (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/45q2fCa / https://archive.ph/SgnQ9 (arsip cadangan).