[SALAH] Video Ledakan Besar akibat Senjata Canggih yang Terarah
By: Date: 31 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan ledakan yang terjadi di Louisiana pada 2018 akibat saluran listrik yang bersentuhan serta putus karena hujan lebat dan badai, bukan karena diserang oleh senjata energi canggih yang sengaja diarahkan ke area tersebut.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/3FaeD

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1693430263538401281/pu/vid/640×384/plmlLYhHMoFLs13Y.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

Dengar, saya tidak tahu di mana rekaman ini diambil…

Satu hal yang saya tahu PASTI adalah INI TIDAK TERJADI SECARA ALAMI.

Anda dapat mengatakan apa pun yang Anda inginkan, tetapi ini LEBIH DARI SATU MENIT serangan terus menerus terhadap sebuah kota yang terlihat seperti “Directed Energy Weapon”. Anda bahkan dapat melihat apa yang tampak seperti pancaran energi yang bergerak secara waktu yang sebenarnya, sambil menyerang berbagai lokasi secara strategis.

Saya TIDAK PERNAH melihat rekaman sepanjang, atau sedefinitif ini”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @JackStr42679640 (Jack Straw) mengunggah video yang memperlihatkan ledakan besar, yang kemudian memberikan klaim bahwa video tsb terlihat seperti “Directed Energy Weapon”. Pengguna Twitter tersebut juga menambahkan bahwa ia tidak pernah melihat ledakan sebesar dan seterarah itu.

Cuitan dan video yang diunggah pada 21 Agustus tersebut telah disukai hampir 2,000 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 1,100 kali, serta telah dilihat hampir 120,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Yandex Video Search, video tersebut telah banyak beredar sejak 2018, salah satunya di akun YouTube resmi WWL TV News. Reporter yang ada di video menjelaskan bahwa saluran listrik kemungkinan besar bersentuhan satu sama lain dan putus karena hujan lebat dan badai. Hal ini, lanjut reporter tersebut, menyebabkan pemadaman listrik yang berdampak pada lebih dari 10,000 orang yang ada di area tersebut.

Ledakan besar di Louisiana yang dikaitkan dengan directed energy weapons tersebut juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video Laser Berenergi Tinggi Penyebab Kebakaran Hutan di Hawaii 2023”.

Selain itu, video yang sama persis juga telah diunggah di akun YouTube Associated Press pada 4 tahun yang lalu dan berjudul “Dramatic video shows electrical explosion in La”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @JackStr42679640 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=TObz0xhPMYg

https://turnbackhoax.id/2023/08/27/salah-video-laser-berenergi-tinggi-penyebab-kebakaran-hutan-di-hawaii-2023/

https://www.youtube.com/watch?v=nZAgRLBEAjs&ab_channel=AssociatedPress