[SALAH] Video Menteri Kesehatan Promosi Produk Penurun Berat Badan
By: Date: 2 Agustus 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi menyesatkan. Melalui medias sosial resminya, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah mengendorse produk apapun di media sosial.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (http://bitly.ws/NLNd)

======

[NARASI]:

“Saya telah mempelajari informasi ini di situs ini dan itu mengejutkan saya, berapa banyak orang yang akan terbantu oleh produk ini, hanya tujuh hari untuk menghilangkan kelebihan berat badan tanpa mengganggu dan tanpa efek samping, ikuti tautannya dan klik tombol info lebih lanjut”.

======

[PENJELASAN]:

Beredar unggahan sebuah video di Facebook yang menampilkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang sedang berbicara dan mempromosikan sebuah produk penurun berat badan.

Berdasarkan penelusuran, video promosi obat penurun berat badan yang mencantumkan testimoni Menkes Budi Gunadi adalah tidak benar. Kementerian Kesehatan melalui akun Instagram resminya menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

“Menteri Kesehatan maupun Kementerian Kesehatan tidak pernah mengendorse produk apapun di media sosial. Healthies, hati hati dengan berita palsu! Selalu pastikan mencari informasi dari sumber yang terpercaya”, tulis akun kemenkes_ri.

Sementara, penelusuran lebih lanjut menemukan bahwa video testimoni Menkes Budi Gunadi adalah hasil manipulasi dari klip wawancaranya dengan McKinsey & Company pada Juni 2015. Dalam wawancara tersebut, Budi Gunadi masih menjabat sebagai CEO Bank Mandiri. Ia berbicara tentang perbankan dan dampak digitalisasi.

======

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CvBaFGtyCNp/

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/07/24/170500582/-hoaks-video-menkes-budi-gunadi-promosikan-produk-penurun-berat-badan?page=all