[SALAH] Video “Penjajah Rusia membuat TikTok”
By: Date: 30 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

TIDAK TERKAIT dengan konflik Rusia dengan Ukraina saat ini (2022). FAKTA: video dibuat dari postingan Instagram tahun 2015 oleh (ROMCHIK) dan video komedi “Saving Private Remi” tahun 2009 oleh YouTuber Prancis Rémi Gaillard.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI .

KATEGORI: Konteks Salah.

SUMBER: TikTok, https://archive.ph/VZuDB (Arsip cadangan Google Terjemahan, teks tambahan dalam video asli yang dibagikan oleh akun dalam bahasa Inggris).

NARASI: “Penjajah Rusia membuat TikTok”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video yang dibuat dari postingan Instagram tahun 2015 oleh (ROMCHIK) dan video komedi “Saving Private Remi” tahun 2009 oleh YouTuber Prancis Rémi Gaillard dengan informasi kontekstual palsu, yang menyebabkan kesimpulan SALAH.

Verifikasi Video

Sumber video pertama, (ROMCHIK) [2]

Sumber video kedua, Rémi GAILLARD di YouTube: “🎖️ Video lucu yang dibuat dan diproduksi oleh Rémi GAILLARD.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Snopes: “Namun, video itu tidak menunjukkan seorang tentara Rusia yang mendokumentasikan invasi ke Ukraina. Video tersebut telah online setidaknya sejak 2015, jauh sebelum serangan Rusia di negara tetangganya, dan bahkan sebelum peluncuran TikTok. Itu diposting di Instagram pada tahun 2015.” [4]

MotorPlus Online: “Video tersebut adalah cuplikan video prank yang dibuat oleh YouTuber Remi Gaillard.” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] instagram.com/romanadler123, https://bit.ly/3CfsHRo / https://archive.ph/DRlLx (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “SAVING PRIVATE REMI (REMI GAILLARD) ️”, https://bit.ly/35VlZUg / https://archive.ph/FtHrQ (arsip cadangan).

[4] snopes.com: “Tidak, Ini Bukan Video Pasukan Terjun Payung Rusia TikToking Invasi Ukraina”, https://bit.ly/3IMuxf3 / https://archive.ph/616BR (arsip cadangan) .

[5] motorplus-online.com: “Video Penunggang Vespa Ukraina Menyelamatkan Prajurit Rusia, Padahal Ini Fakta Nyata” (Google Translate), https://bit.ly/3ILyKj6 & https://archive.ph/gfOrn (arsip cadangan) / https://archive.ph/BhhVY (arsip cadangan artikel dalam bahasa asli, Bahasa Indonesia).