[SALAH] Video “PRANCIS MEMBELOT BANTU AUSTRALIA KUASAI PULAU PASIR, PUTIN MINTA JOKOWI LAKUKAN INI”
By: Date: 4 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan Australia. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Prancis, Ukraina dan Rusia untuk mengaitkan dengan Australia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/WleRN (arsip cadangan).

NARASI: “PRANCIS MEMBELOT BANTU AUSTRALIA KUASAI PULAU PASIR, PUTIN MINTA JOKOWI LAKUKAN INI”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan Australia. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Prancis, Ukraina dan Rusia untuk mengaitkan dengan Australia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, AFP News Agency di YouTube pada 16 Nov 2022: “French President Emmanuel Macron meets Australian Prime Minister Anthony Albanese during a bilateral meeting on the sidelines of the G20 summit in Nusa Dua, on the Indonesian island of Bali. …” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, SINDOnews.com pada 13 Jan 2023: “Rusia menyebut rencana pemerintah Prancis untuk memasok kendaraan tempur (ranpur) ke Ukraina sebagai langkah sembrono yang dapat meningkatkan eskalasi. Peringatan itu dikeluarkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Video, kata kunci: “macron albanese meeting g20 2022” [4]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “macron albanese meeting g20 2022” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “In Bali, France’s Macron meets Australian PM Anthony Albanese | AFP”, https://bit.ly/3Mdxqdg / https://archive.ph/Cl4P2 (arsip cadangan).

[3] sindonews.com: “Pasok Kendaraan Tempur ke Ukraina, Rusia Peringatkan Prancis”, http://bit.ly/3ZDnIUH / https://archive.ph/Zihxr (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3m2jjNf / https://archive.ph/F3oZS (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3U2Pb0E / https://archive.ph/SgB3Q (arsip cadangan).