[SALAH] Video Raja Salman Gelar Pesta Tarian Ala Ida Dayak
By: Date: 17 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Raja Salman gelar pesta tarian Pangeran Arab ala Ida Dayak adalah tidak benar. Faktanya tarian yang dilakukan Raja Salman seperti yang ada di video merupakan Tarian Pedang dari Arab.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: 

====
[NARASI]: “https://archive.cob.web.id/archive/1681524510.948918/singlefile.html

====

[PENJELASAN]:

Akun YoutubeTokoh Selebritis (https://youtube.com/@tokohselebritis2209) pada tanggal 10 April 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim Raja Salman gelar pesta tarian ala Ibu Ida Dayak. Faktanya tarian yang dilakukan Raja Salman seperti pada unggahan di atas adalah Tarian Pedang dari Negara Arab.

Video berdurasi 8 menit tersebut,dinarasikan bahwa pesta yang digelar Raja Salman merupakan bentuk penghargaan kepada Ida Dayak karena telah mengobati putranya yaitu Al-Waleed bin Khaled dari sakitnya.

Setelah dilakukan penelusuran, video tarian Raja Salman sangat identik dengan video unggahan kanal Youtube @loveskyacxcrz7831 dengan judul “Tarian Pedang Raja Salman yang Membuatnya Dicintai Rakyat Arab” dan diupload tahun 2017 lalu. Dikutip dari tsubomihouse.com tarian arab menggunakan pedang tersebut bernama Ardah. Para penari menggunakan puisi dan lagu yang menceritakan tentang sejarah penyebaran Islam ke seluruh dunia. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://youtu.be/YPTFPko_FAE
[2] https://www.tsubomihouse.com/post/ardah-tarian-pedang-asal-arab-saudi