[SALAH] Video Saat Gaza Terbakar Akibat Serangan Israel
By: Date: 24 Oktober 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut diambil saat perayaan kembang api di Aljazair setelah klub bola CR Belouizdad memenangkan kejuaraan Aljazair pada 2020. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/aHJCM

= = =

Narasi:

“Hell on Earth Gaza. War is a bad thing for humanity. Innocent people do not deserve to live in this chaos. Stop the war! #Israel #Palestine #Gaza #Hamas”

Terjemahan:

“Neraka di Bumi Gaza. Perang adalah hal buruk bagi umat manusia. Orang yang tidak bersalah tidak pantas hidup dalam kekacauan ini. Hentikan perang! #Israel #Palestina #Gaza #Hamas”

= = =

Penjelasan:

Video di Twitter menunjukkan sebuah kota seperti terbakar di malam hari yang diklaim berada di Gaza akibat dari serangan Israel di jalur Gaza.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya video tersebut diambil di Aljazair pada saat perayaan kembang api setelah klub bola CR Belouizdad memenangkan kejuaraan Aljazair pada 2020. Wartawan AFP mengonfirmasi bahwa rekaman tersebut tersebar di internet pertama kali pada 27 September 2023, lebih dari seminggu sebelum Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023.

Dengan demikian, video saat Gaza terbakar saat diserang Israel adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33XM7CC

= = =