[SALAH] Video Terowongan yang dibangun Hamas di Israel
By: Date: 30 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan terowongan di Inggris yang dibangun saat Perang Dunia ke-2, bukan terowongan yang dibuat Hamas di Israel.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/xWfm1

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1723854101203521536/pu/vid/avc1/576×672/Ez6ifx5m6yV2GNiu.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Bagian dari cuplikan video 7 menit. Sistem terowongan Hamas. Kebanyakan orang akan mudah tersesat. Mereka menempatkannya di bawah sekolah, rumah sakit, tempat penitipan anak, rumah pemukiman dan di manapun mereka yang dikelilingi oleh orang-orang yang tidak bersalah. Israel perlu menghancurkan semua terowongan ini. BEBASKAN PARA SANDERA”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @MenNeedRights (Ella Jefferson) mengunggah video dari TikTok @urbexkev yang menunjukkan sistem terowongan yang panjang. Pengguna Twitter tersebut menklaim terowongan itu dibangun oleh Hamas di bawah tempat-tempat umum di Israel. Cuitan dan video yang diunggah pada 13 November tersebut telah disukai 21 orang, dikutip dan dibagikan ulang oleh 19 orang, serta telah dilihat hampir 8,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, konten tersebut menyesatkan. Akun TikTok yang namanya tertera di video, yaitu @urbexkev, menandai video tersebut dengan lokasi United Kingdom. Selain itu, pada kolom keterangan, @urbexkev menulis: “#ww2 #war #bunker”. Tidak ditemukan keterangan mengenai Hamas dan Israel pada unggahan yang asli di TikTok.

Selain itu, video yang sama persis juga pernah diunggah di YouTube oleh “TheSecretVault” sejak 4 bulan lalu. Video itu juga memiliki keterangan yang sama bahwa itu merupakan bunker bawah tanah rahasia yang dibangun untuk perang dunia ke-2 di UK.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @MenNeedRights (Ella Jefferson) merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.tiktok.com/@urbexkev/video/7296131988593986848

https://www.youtube.com/watch?v=ZlUqcP8gSj4