[SALAH] “WARGA SOLO TOLAK KEDATANGAN PRABOWO DAN GIBRAN”
By: Date: 7 November 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa warga Solo tolak kedatangan Prabowo dan Gibran.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1698905886.272616/index.html

=====

[NARASI]: Jokowi tak tenang??warga Solo tolak kedatangan gibra & Prabowo, masyarakat cerdas bersama Anies

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube NEGARA POLITIK memposting video berdurasi  8 menit dengan judul “Jokowi tak tenang:bangbang:warga Solo tolak kedatangan gibra & Prabowo, masyarakat cerdas bersama Anies”.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan ribuan warga Depok turun ke jalan melakukan aksi demo tolak penerapan Sistem Satu Arah (SSA). Aksi semo turun ke jalan berakhir di depan kantor Wali Kota, Depok.

Narator video hanya membacakan artikel di laman Detik.com artikel tersebut berjudul “Warga Solo Gugat ke MK, Minta Hanya Gubernur U-40 yang Bisa Nyawapres”.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim tentang warga Solo tolak kedatangan Prabowo dan Gibran adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://news.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/17/09/07/ovwg1n-ribuan-warga-demo-tolak-ssa-dan-geruduk-kantor-wali-kota-depok
https://news.detik.com/pemilu/d-7005936/warga-solo-gugat-ke-mk-minta-hanya-gubernur-u-40-yang-bisa-nyawapres