[SALAH] Webinar Nasional Kriteria Penerima Bansos Oleh Pusdatin Kemensos RI
By: Date: 26 April 2022 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

hasil periksa fakta Rahmah a n (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi palsu. Pusdatin Kesos di bawah Kementerian Sosial tidak pernah mengadakan ataupun menjadi penyelenggara webinar seperti yang tercantum di dalam poster.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: I-Flyer

= = = = =

NARASI:
“WEBINAR NASIONALKRITERIA PENERIMA BANSOS
JUMAT, 8 APRIL 2022, PUKUL 15.30 WIB
Narasumber: PUSDATIN Kemensos RIVia Zoom Meeting
ID Meeting: 882 1624 1575
Pass: peksos55”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar sebuah poster yang mengatasnamakan Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial di bawah Kementerian Sosial (Pusdatin Kesos) mengadakan sebuah “Webinar Nasional: Kriteria Penerima Bansos” yang dilaksanakan Jumat, 8 April 2022, pukul 15.30 WIB.

Namun setelah ditelusuri, informasi dalam poster adalah salah. Melalui situs dtks.kemensos.go.id, mengklarifikasi Pusdatin Kesos di bawah Kementerian Sosial tidak pernah mengadakan ataupun menjadi penyelenggara webinar seperti yang tercantum di dalam poster.

“Pastikan sumber informasi hanya berasal dari sumber-sumber terpercaya. Informasi mengenai webinar, bantuan sosial serta informasi lainnya dapat dicek melalui website official Kementerian Sosial di tautan kemensos.go.id maupun akun media sosial resmi Kementerian Sosial yang sudah diverifikasi.”, tulis DTKS Kemensos dalam situs resminya pada 6 April 2022.

Dari keterangan tersebut dapat dilihat bahwa poster webinar nasional: kriteria penerima bansos adalah hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

= = = = =

REFERENSI:
https://dtks.kemensos.go.id/hoax-webinar-nasional-kriteria-penerima-bansos