Sarwendah Berikan ASI pada Anak Angkat Remajanya, Bermanfaatkah?
By: Date: 19 November 2019 Categories: Informasi Kesehatan,Kesehatan Umum,Sarwendah
sarwendah-doktersehat
Photo Source: Instagram.com/sarwendah29

DokterSehat.Com– Sarwendah diketahui memberikan air susu ibu (ASI) kepada anak angkatnya yang sudah berusia 14 tahun, Betrand Peto. Suaminya, Ruben Onsu bahkan sampai sengaja menyiapkan lemari es khusus untuk menyimpan stok ASI bagi Betrand.

Anak Angkat Sarwendah Mendapatkan ASI

Sarwendah mengaku cukup terkejut saat Betrand mengungkap keinginan untuk meminum ASI-nya. Hanya saja, permintaan yang sangat tidak biasa ini ada alasannya. Saat itu, Betrand mengaku tidak pernah merasakan ASI sejak kecil sehingga penasaran dengan rasanya. Sempat dikira bercanda, Betrand meyakinkan orang tuanya untuk membiarkannya mencicipinya.

Sarwendah kemudian memberikan ASI perah yang telah disimpan sebelumnya dan membiarkan Betrand meminumnya. Tak disangka, Betrand menyukainya. Apalagi dengan fakta bahwa saat kecil dulu Betrand hanya diberikan teh oleh omanya. Kini, ia pun secara rutin meminum ASI yang disimpan oleh Sarwendah atau Ruben.

Bolehkah Orang Dewasa Minum Dewasa Minum ASI?

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut ASI memang termasuk dalam minuman yang spesial. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan semcell serta protein HAMLET di dalamnya. Kandungan ini disebut-sebut bisa membunuh sekitar 40 jenis sel kanker ganas.

Hanya saja, penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat dari ASI ini dilakukan dengan menggunakan ekstrak ASI, bukannya dengan membuat partisipan penelitian meminumnya sebagaimana bayi. Hal ini berarti, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa ASI bisa memberikan manfaat kesehatan bagi remaja atau orang dewasa jika diminum secara langsung. Bisa jadi hal ini bahkan tidak akan memberikan manfaat yang berarti.

Pendapat dari IDAI ini didukung oleh penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Cancer. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa di dalam ASI memang bisa ditemukan senyawa bernama human alpha lactalbumin Made Lethal to Tumour Cells atau HAMLET yang memiliki kemampuan melawan sel-sel kanker.

Dalam penelitian ini, pasien penderita kanker yang mendapatkan suntikan ekstrak HAMLET yang diambil dari ASI mengalami kemajuan kondisi kesehatan karena banyak sel kanker yang mati dan ikut terbuang lewat urine.

Keberadaan senyawa HAMLET inilah yang bisa memberikan perlindungan bagi ibu menyusui dari kanker rahim serta kanker ovarium. Bahkan, kini sedang ada penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat HAMLET bagi pengobatan kanker usus atau kanker serviks.

ASI bisa Menambah Energi Orang Dewasa?

Situs delish.com sempat melakukan penelitian dengan melibatkan seorang wanita bernama Sabina dari Spanyol. Sang wanita mengaku tidak lagi bisa mendapatkan tambahan energi meski sudah rutin minum kopi di pagi hari. Ia pun mencoba untuk minum ASI setiap hari dalam waktu seminggu. ASI yang didapatkan berasal dari temannya, Marina yang memang baru saja melahirkan.

Sabina menyebut ASI memiliki rasa seperti susu yang manis namun lebih encer. Setelah rutin meminumnya, Sabina mengaku merasakan sensasi lebih bertenaga, lebih cerah, dan merasa lebih bersih.

Meskipun begitu, pakar kesehatan Alba Padro menyebut efek ini bisa jadi lebih ke sugesti karena selama ini penelitian menyebut ASI hanya akan memberikan manfaat bagi bayi dan belum benar-benar terbukti memberikan manfaat jika diberikan kepada orang dewasa.

Melihat fakta ini, sebenarnya sah-sah saja jika ada orang dewasa yang ingin minum ASI. Hal ini tidak akan memberikan efek buruk bagi kondisi kesehatannya meski rutin untuk dikonsumsi. Hanya saja, bisa jadi kita tidak akan mendapatkan manfaat kesehatan dari ASI sebagaimana yang didapatkan oleh bayi.

Sumber:

  1. Abedowale, Temi. 2017. What Happens When You Drink Breast Milk For A Week. com/food-news/a51115/what-happens-when-you-drink-breast-milk/. (Diakses pada 19 November 2019).

Let’s block ads! (Why?)