Sering Beli Makanan Online? Simak Cara Cegah Tertular Virus Corona Covid-19
By: Date: 3 Mei 2020 Categories: makanan,Online


Suara.com – Sering Beli Makanan Online? Simak Cara Cegah Tertular Virus Corona Covid-19

Sebagai alternatif di tengah pandemi ini, banyak masyarakat kini beralih untuk membeli makanan pesan antar secara online.

Akan tetapi, banyak orang yang meragukan apakah metode ini aman dari risiko menularkan virus corona atau tidak. Oleh karena itu, dirangkum dari LiveStrong, berikut ada tiga tips untuk memastikan bahwa makanan yang Anda pesan bebas dari segala patogen:

1. Restoran  Sudah Punya Upaya Pencegahan Covid-19

Ilustrasi gofood, food delivery, pesan antar makanan [shutterstock]
Ilustrasi pesan antar makanan [shutterstock]

Menurut Direktur program keamanan pangan global di Center for Strategic and International Studies, Cailin Welsh, pastikan sebelum memesan bahwa restoran tujuan Anda telah memiliki upaya pencegahan Covid-19.

Sebagai tambahan untuk mengikuti aturan Perilaku Hidup Berdih dan sehat (PHBS), banyak restoran mengimplementasikan hal lain seperti mewajibkan pegawainya mengenakan sarung tangan dan membersihkan secara berkala.

Biasanya hal-hal ini bisa Anda cek di akun media sosial atau website mereka.

2. Pilih Pengiriman Tanpa Kontak

Beberapa layanan pesan antar online kini menawarkan pengiriman tanpa kontak yang membantu menjalankan imbauan social distancing dan menurunkan potensi penularan virus dari droplet pernapasan.

Misalnya dengan meninggalkan makanan di depan pintu rumah, atau meninggalkan di resepsionis apartemen dan mengimbau pelanggan untuk melakukan pembayaran secara non-tunai.

3. Buang Langsung Kemasannya

Meski menurut CDC belum ada bukti bahwa Covid-19 dapat menyebar melalui kemasan makanan, akan tetapi sebuah studi di bulan Maret lalu menemukan virus corona dapat terdeteksi di permukaan plastik hingga 72 jam setelah berkontak.

Hal ini berarti tempat makan atau wadah plastik makanan bisa saja memiliki virus tersebut. Welsh menganjurkan untuk memperlakukan semua hal yang datang ke rumah Anda sebagai barang yang berpotensi menularkan virus.

Agar lebih aman, baiknya segera membuang kresek atau wadah plastik sebelum Anda mengonsumsinya. Pindahkan makanan ke piring bersih dan kemudian setelah membuang wadahnya, cuci tangan Anda selama 20 detik sebelum makan.

Atau Anda bisa mengelapnya dengan disinfektan berbahan dasar alkohol, setidaknya 70 persen, menurut CDC.

Let’s block ads! (Why?)