Setelah Jamur Hitam dan Jamur Putih, Kini Muncul Infeksi Jamur Kuning di India – Tribunnews.com
By: Date: 27 Mei 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI – Sejumlah negara bagian di India tidak hanya melaporkan kasus infeksi jamur hitam diantara lonjakan kasus virus corona (Covid-19), namun juga jamur putih dan kini muncul jamur kuning.

Ketiga jamur yang disebut berdasar warna yang ditunjukkan pada tampilannya ini ternyata merupakan jenis yang sama yakni Mucormycosis.

Namun untuk infeksi terbaru yakni jamur kuning, kasus pertama ditemukan di kota Ghaziabad yang terletak di negara bagian Uttar Pradesh.

Seperti yang disampaikan Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) dari Rumah Sakit Columbia Asia di Ghaziabad, Dr BP Tyagi yang mendiagnosis kasus pertama jamur kuning di Ghaziabad.

Ia menjelaskan bahwa pasien berusia 59 tahun yang didiagnosis terinfeksi jamur kuning itu menderita diabetes dan pernah positif Covid-19 pada bulan lalu.

Namun pasien tersebut diketahui tidak pernah menggunakan oksigen.

Saat dibawa ke rumah sakit, pasien itu mengalami kelelahan yang luar biasa, nafsu makan yang buruk, cairan berwarna kehitaman dan kekuningan pun keluar dari hidungnya.

“Ditemukan bahwa ia menderita kasus jamur hitam, jamur putih dan jamur kuning. Jamur kuning ini lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh,” kata Dr Tyagi.

Baca juga: Infeksi Jamur Contoh Penyakit Akibat Pandemi, Epidemiolog: Pemerintah Perlu Kendalikan

Lebih lanjut Dr Tyagi menyampaikan bahwa tidak seperti dua infeksi lainnya, jamur kuning ini bermula dari dalam, menyebabkan kebocoran nanah dan penyembuhan lukanya pun berlangsung lambat.

“Dalam kasus yang serius juga dapat menyebabkan gejala yang merusak, seperti kegagalan organ dan nekrosis akut (kerusakan jaringan),” tegas Dr Tyagi.