Si Kecil Batuk? Beri 10 Makanan dan Minuman Alami Pereda Batuk Ini – detikFood
By: Date: 20 Oktober 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Orang tua mungkin lebih memilih memberikan obat ketika anaknya sakit. Tapi sebenarnya, ada makanan dan minuman yang bisa bantu atasi masalah batuk pilek pada anak, seperti 10 makanan ini.

Banyak orang tua yang sangat khawatir hingga panik ketika anak mereka jatuh sakit. Biasanya, penyakit yang sering dialami oleh anak kecil ialah batuk dan pilek. Penyakit ini bisa disebabkan karena kondisi imunitas tubuh anak yang melemah atau karena kondisi cuaca yang tak menentu.

Ketika anak mengalami batuk pilek, mungkin banyak orang tua akan mengandalkan obat. Beberapa jenis obat dan vitamin sebisa mungkin diberikan ke si kecil agar cepat pulih.


Namun sebenarnya, bukan hanya obat yang bisa mengatasi penyakit anak. Ada banyak makanan dan minuman yang dikenal ampuh untuk membantu memulihkan kondisi anak yang sakit.

Terlebih, baru-baru ini Kementerian Kesehatan RI pun mengimbau pemberhentian penggunaan obat berjenis sirup atau cair. Mengutip detikhealth.com (18/10), hal itu disebabkan karena Kementrian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan menemukan obat sirup atau cair terkontaminasi dengan etilen glikol atau dietilen glikol yang dicurigai mengandung zat berbahaya.

Oleh karenanya, untuk menghindari zat yang diduga berbahaya tersebut, ada alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dengan pengobatan sederhana seperti membuat makanan dan minuman sehat untuk anak-anak.

Makanan dan minuman ini sekaligus bisa menjadi asupan yang pas ketika anak rewel dan tidak mau makan. Berikut 10 racikan makanan dan minuman yang mampu mengatasi batuk pilek pada anak, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Teh Jahe

Si Kecil Batuk? Beri 10 Makanan dan Minuman Alami Pereda Batuk IniSecara alami, jahe dikenal dengan sifat antivirusnya. Bahkan bau pedas dan hangat dari jahe mampu menenangkan tubuh. Foto: Getty Images

Jahe memang dikenal sebagai rempah yang punya banyak khasiat sehat. Secara alami, jahe dikenal dengan sifat antivirusnya. Bahkan bau pedas dan hangat dari jahe mampu menenangkan tubuh.

Jika ada gejala demam pada anak yang batuk dan pilek, bisa diobati dengan memberikan secangkir teh jahe. Teh jahe mampu menginduksi keringat sehingga bisa menurunkan suhu tubuh yang demam.

Minuman sehat ini juga bisa bertindak sebagai dekongestan yaitu ‘obat’ yang bisa mengatasi gejala hidung tersumbat akibat flu dan batuk.

2. Air Lemon dan Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang punya banyak khasiat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, menjaga sistem pencernaan, hingga menyehatkan jantung.

Madu juga menjadi salah satu komponen utama dari beberapa sirup obat batuk. Jika ingin memberikan ‘obat’ alami pada anak, bisa dengan mencampurkan air hangat dengan perasan lemon dan satu sendok madu.

Campuran madu, lemon, dan air hangat itu mampu melapisi tenggorokan dan meredakan gatal yang disebabkan oleh infeksi.

3. Susu Kunyit

Si Kecil Batuk? Beri 10 Makanan dan Minuman Alami Pereda Batuk IniKunyit dikenal ampuh menyembuhkan penyakit batuk dan pilek. Foto: Getty Images

Kunyit kaya akan vitamin C dan mengandung kurkumin yang merupakan antioksidan dengan efek anti radang poten. Untuk itu, kunyit dikenal ampuh menyembuhkan penyakit batuk dan pilek.

Agar anak lebih mudah menelan obat herbal tersebut, orang tua bisa membuatkan secangkir susu dengan tambahan bubuk kunyit. Minuman yang sering disebut sebagai ‘golden latte’ ini mampu meredakan batuk dan memberikan perasaan tenang pada tubuh.

Simak Video “Kemenkes RI Minta Nakes-Apotek Setop Pemberian Obat Sirup
[Gambas:Video 20detik]