Skywatch: Bintang jatuh, konjungsi planet, dan hari yang lebih cerah – Manadopedia
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: Sains

komentar

Tahun baru dimulai dengan Mars dan bulan masuk kesibukan Bintang jatuh Di awal Januari, duet planet Venus Dan Saturnus Persiapan telat sebulan bersama. Oh – dan hari-hari semakin cerah.

Saat fase malam dimulai, TanahTetangga kemerahan terlihat pada besarnya -1,1, bagus dan cerah, menurut US Naval Observatory. Anda akan menemukannya naik ke langit timur setelah matahari terbenam. Pada malam tanggal 3 Januari, titik kemerahan Mars akan berada di atas Bulan bungkuk di konstelasi. banteng. Bagian lain dunia – bagian selatan Afrika, misalnya – akan melihat a Okultasi bulan (disamarkan) Mars, menurut Asosiasi Penghitung Waktu Ketidakhadiran Internasional, atau IOTA. Washington tidak akan melihatnya.

Selama bulan Januari, Mars akan menjadi kurang terang dari perspektif Bumi kita, turun menjadi -0,3 magnitudo, menurut observatorium. Pada malam 30-31 Januari, kita akan melihat pertemuan dekat lainnya antara Mars dan Bulan. Penyerbu di Washington tidak akan melihat yang tak terlihat, tetapi tempat-tempat yang lebih jauh ke selatan – seperti Florida – akan melihat hilangnya setelah tengah malam pada tanggal 31 Januari, menurut IOTA.

Jupiter Tahun Baru dimulai dengan mencolok di langit selatan saat matahari terbenam. Anda akan menemukan planet gas besar ini di konstelasi Pisces di -2,4 (sangat cerah) sekarang, dan berkurang sepanjang Januari menjadi -2,2. Bulan muda – sekitar empat hari kemudian – mendekati Jupiter pada malam hari tanggal 25 Januari.

Planet Venus dan Saturnus sebenarnya tidak sedekat itu, tetapi berkat sudut Bumi kita, mereka tampak cukup sosial di langit barat sore hari. Malam ini, planet tetangga kita Venus (di konstelasi Capricornus) setelah matahari terbenam di barat daya dengan magnitudo -3,9 (sangat terang), menurut observatorium. Juga di Capricorn, Saturnus adalah +0,8 derajat (terlihat tetapi tidak terlalu terang).

Selama tiga minggu berikutnya, Venus dan Saturnus tampak semakin bersahabat. Itu bersamaan pada 22 Januari, sangat rendah di langit barat tepat setelah matahari terbenam. Pada tanggal 23 Januari, sepotong bulan yang sangat muda terlihat di atas dan di sebelah kiri Venus dan Saturnus. Kemudian planet-planet memiliki ruang di antara mereka.

Biasanya kuat Meteor empat kali lipat Puncaknya terjadi pada malam 3-4 Januari, menurut American Meteor Society. Berita yang mengganggu adalah bahwa bulan tercinta akan lebih dari 90 persen diterangi saat pendamping bulan kita menjadi penuh pada tanggal 6 Januari. Komunitas mengharapkan 120 meteor per jam selama puncak pendek, tetapi mereka menetapkan ekspektasi Anda rendah, karena kemungkinan akan jauh lebih sedikit di sore hari (3 Januari) dan setelah tengah malam (4 Januari).

Tahun baru – secara harfiah – semakin cerah, karena Washington sekarang menikmati sembilan jam dan 30 menit siang hari pada tanggal 1 Januari, menurut US Naval Observatory. Dengan menambahkan satu atau dua menit sinar matahari per hari, iluminasi mulai meningkat. Pada 31 Januari, kita akan melihat siang hari selama 10 jam 13 menit.

* 14 Januari – Dipandu oleh staf museum, perhatikan matahari Dengan aman melalui teleskop yang disaring dengan benar untuk “Second Saturday Sungazing” di Steven F. Udvar-Hazy Center of the National Air and Space Museum di Chantilly. 11.00 – 14.00 Tiket masuk gratis ke museum. Parkir $15. airandspace.si.edu.

* 14 Januari – “Bayangkan permukaan bintang-bintang yang jauh,” sebuah ceramah oleh Kenneth Carpenter, ilmuwan proyek di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, pada pertemuan reguler para astronom online di ibu kota negara. Ini akan menjelaskan bagaimana observatorium berbasis darat dan ruang angkasa berkontribusi pada pemahaman kita tentang permukaan bintang di luar matahari kita. 19:30 Untuk masuk, kunjungi: Capitalasteronomers.org.

* 28 Januari – Ikuti tur teleskopik langit pertengahan musim dingin berbintang di Udvar-Hazy Center di National Air and Space Museum di Chantilly, Virginia. Nikmati jalan-jalan di luar angkasa dengan teleskop yang disediakan oleh anggota Northern Virginia Astronomy Club (NOVAC). Bertemu di halte bus museum, 17:30-19:30 airandspace.si.edu.