Sudah Suntik Insulin Tiap Hari, Apakah Diabetes Masih Bisa Sembuh?
By: Date: 6 April 2023 Categories: Insulin

Suara.com – Pasien diabetes yang harus disuntik insulin setiap hari menandakan kondisinya sudah kronis. Lantas, bisa nggak ya sakit diabetes kronis disembuhkan?

Jawabannya bisa, namun dalam istilah medis diabetes sembuh disebut dengan remisi, dan umumnya ditandai pasien tidak perlu lagi mengonsumsi obat hingga lepas insulin.

Tapi Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Dicky Thapary, Ph.D, Sp.PD mengingatkan diabetes remisi atau diabetes bisa sembuh selama kondisi sudah diobati sejak tahap awal, yaitu saat pankreas belum rusak.

ilustrasi diabetes (freepik.com/xb100)
ilustrasi diabetes (freepik.com/xb100)

Seperti diketahui, pankreas adalah organ vital di tubuh yang bertugas memproduksi insulin. Sedangkan insulin bekerja ibarat pekerja yang bertugas mengubah gula menjadi energi, sehingga gula dalam darah jumlahnya tidak berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol Jahat, Ternyata Banyak Khasiatnya

Sehingga selama pankreas dalam kondisi baik atau hanya gula darahnya saja yang naik, kesembuhan pasien diabetes adalah keniscayaan.

“Ada juga pasien-pasien baru ketahuan umur 30, gula darah tinggi, dokter kasih insulin di awal sampai gula darahnya bagus, setelah bagus dia mulai gaya hidup sehat,” ujar dr. Dicky saat konferensi pers Grand Final Beat Diabetes Warrior Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa di dalam darah. Kondisi ini juga sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis.

Tapi menurut Staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam, FKUI-RSCM itu menerapkan gaya hidup sehat bukanlah perkara mudah. Karena butuh waktu hingga berbulan-bulan, seperti membiasakan diri olahraga, konsumsi makanan tinggi serat, dan batasi asupan gula berlebih.

“Saya minta hari ini olahraga 30 menit seminggu tiap hari kan nggak gampang, perlu waktu, Kadang 3 hingga 6 bulan olahraganya bagus, berat badan diatur dan turun,” papar dr. Dicky.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan, dari Cegah Diabetes hingga Kanker

Setelah diperiksa kadar gula dalam darahnya baik dan normal secara konsisten, barulah dokter akan melepas terapi insulin yang diberikan. Ini karena dokter menilai, tanpa terapi insulin beban kerja pankreas tidak terlalu berat, karena mampu memproduksi insulin alami secukupnya mengubah gula darah menjadi energi.

“Saya ada beberapa pasien yang lepas insulin nggak ada masalah. Tapi kuncinya sedini mungkin, supaya cadangan pankreasnya masih cukup jadi nggak perlu pakai obat,” tutup dr. Dicky.

https://www.suara.com/health/2023/04/06/160809/sudah-suntik-insulin-tiap-hari-apakah-diabetes-masih-bisa-sembuh