Sukses dengan Uji Misi Artemis I, NASA Siapkan Peluncuran Roket ke Bulan – Merah Putih
By: Date: 26 Juni 2022 Categories: Sains

PROGRAM pengujian untuk Sistem Peluncuran Luar Angkasa super besar dan super mahal oleh NASA kini telah rampung. Demikian Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mengumumkan pada Jumat (24/6) seperti yang dilaporkan TechCrunch.

Saat ini mereka telah selesai menjalankan misi demonstrasi Artemis I ke bulan. Ini menjadi langkah pertama dalam perjalanan panjang misi yang direncanakan, untuk akhirnya mengembalikan manusia ke permukaan bulan pada pertengahan dekade. Peluncuran bisa terjadi paling cepat akhir Agustus.

Badan tersebut akan membawa roket setinggi 322 kaki dan pesawat ruang angkasa Orion kembali ke Vehicle Assembly Building, sebuah hanggar perakitan di Kennedy Space Center NASA, pada 1 atau 2 Juli, di mana keduanya akan dipersiapkan untuk diluncurkan.

Baca juga:

NASA Temukan ‘Pintu Misterius’ di Mars

NASA telah rampungkan pengujian misi Artemis I. (Foto: NASA)

Kepala Insinyur Program Sistem Peluncuran Luar Angkasa John Blevins mengatakan badan tersebut akan memiliki sekitar enam hingga delapan minggu kerja sebelum peluncuran terakhir.

NASA juga mendeklarasikan tahap Wet Dress Rehearsal telah selesai dijalankan meski terdapat masalah kebocoran hidrogen yang menyebabkan pengontrol peluncuran menghentikan hitungan mundur 29 detik lebih cepat.

“Setelah SLS kembali ke landasan peluncuran, tim NASA akan menghabiskan sekitar 10-14 hari untuk mempersiapkan proses lepas landas,” ujar Manajer Operasi Kendaraan Senior untuk Sistem Eksplorasi Darat Cliff Lanham.

Baca juga:

NASA Cari Perusahaan Kedua untuk Diajak Kerjasama

Peluncuran diprediksi dapat dilakukan akhir Agustus mendatang. (Foto: NASA)

Kebocoran terdeteksi di saluran pembuangan hidrogen selama proses pembuatan propelan, tepatnya ketika ratusan ribu galon oksigen cair kriogenik dan hidrogen cair sedang dimuat ke dalam tangki.

Namun terlepas dari masalah kebocoran, badan tersebut dapat memuat kedua tangki roket dengan propelan. Kemudian mereka harus mengeringkannya, namun itu merupakan bagian pengujian utama yang belum dilakukan oleh NASA.

Meski para pejabat tidak memberikan tanggal peluncuran yang tepat, namun Tom Whitmeyer, Wakil Administrator Asosiasi untuk Pengembangan Sistem Eksplorasi Umum, mengatakan hingga kini segala rencana terlihat berjalan baik dan optimistis dapat diluncurkan dalam jangka waktu sekitar akhir Agustus. (waf)

Baca juga:

NASA Tingkatkan Detektor, Waspadai Asteroid Dekati Orbit Bumi