Tak Mau Cepat Pikun? Yuk Latih dengan Olahraga Ini
By: Date: 19 April 2021 Categories: Life

SEIRING dengan bertambahnya usia, kualitas otak kita pun mengalami degradasi. Jika sudah semakin parah, bukan tidak mungkin kita mulai melupakan banyak informasi yang masuk ke otak.

Di Indonesia, estimasi jumlah Orang dengan Demensia (ODD) adalah sekitar 1.2 juta di tahun 2016. Ini terus diprediksikan meningkat dari 2 juta orang pada 2030 dan menjadi 4 juta orang pada 2050.

Demensia suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan setidaknya dua fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai. Demensia juga memiliki gejala termasuk mudah lupa, keterampilan sosial yang terbatas, dan kemampuan berpikir sangat terganggu sehingga mengganggu fungsi sehari-hari.

Selain penderitanya yang cukup tinggi, biaya perawatannya pun juga serupa. Di Indonesia sendiri, biaya perawatan bagi penderita demensia, alzheimer, dan kelainan serupa mencapai Rp2.2 miliar per tahun.

Otak

Karenanya, untuk mencegah terjadinya gangguan kondisi tersebut, penting bagi kita untuk melatih fungsi otak, agar tidak mudah termakan usia. Banyak orang berusia muda namun memiliki otak setara pada usia tua alias pikun.

Spesialis Fisik dan Rehabilitasi Dr. Kevin Triangto, BMedSc mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna melatih fungsi otak untuk memperkuat daya ingat.

Ia mengatakan, salah satu hal penting untuk membuat fungsi otak tetap aktif adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Ini karena olahraga dapat memperbaiki fungsi hippocampus di otak.

Let’s block ads! (Why?)