Tak Terhindarkan, ISS Ditabrak Puing Sampah Luar Angkasa – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 1 Juni 2021 Categories: Sains

KOMPAS.com – Hal yang tak terhindarkan telah terjadi. Sepotong puing luar angkasa yang terlalu kecil untuk dilacak telah mengenai dan merusak bagian dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Puing tersebut diketahui merupakan lengan robotik Canadarm2.

Benda tersebut menembus selimut termal ISS dan merusak bagian bawahnya.

Kejadian ini merupakan pengingat serius bahwa masalah sampah luar angkasa di orbit rendah Bumi adalah bom waktu yang terus berdetak.

Baca juga: Bersihkan Sampah Luar Angkasa, Misi Uji Coba ELSA-d Diluncurkan

Mengutip Science Alert, Senin (31/5/2021) Canadarm2 secara resmi dikenal sebagai Sistem Manipulator Jarak Jauh Stasiun Luar Angkasa (SSRMS).

Robot tersebut dirancang oleh Badan Antariksa Kanada dan telah menjadi perlengkapan di stasiun luar angkasa selama 20 tahun.

Tugasnya membantu melakukan manuver objek di luar ISS, termasuk angkutan kargo dan melakukan pemeliharaan stasiun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak jelas persis kapan dampak dari puing itu akan terlihat. Namun kerusakan pertama kali diketahui pada 12 Mei 2021 saat pemeriksaan rutin.

Badan antariksa telah bekerja sama untuk mengambil gambar rinci dan menilai kerusakannya.

“Terlepas dari dampaknya, hasil analisis yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa kinerja lengan robot itu tetap tidak terpengaruh,” tulis Badan Antariksa Kanada (CSA).

Meskipun ISS tampaknya beruntung kali ini, masalah puing luar angkasa ini tampaknya makin meningkat. Tahun lalu, ISS harus melakukan manuver darurat tiga kali untuk menghindari tabrakan dengan puing-puing luar angkasa di ketinggian sekitar 400 kilometer.