Tanggal 6 Desember 2023 Hari Apa?
By: Date: 5 Desember 2023 Categories: Life

TANGGAL 6 Desember jatuh pada Rabu di minggu pertama bulan ini. Tidak ada hari libur nasional, tapi terdapat momen yang diperingati.

Salah satunya diperingati sebagai Hari Peringatan Kekerasan Terhadap Perempuan. Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini.

BACA JUGA:

1. Hari Peringatan Kekerasan Terhadap Perempuan

Hari Peringatan Kekerasan Terhadap Perempuan diadakan sebagai momentum untuk mengenang para kaum perempuan yang mengalami kekerasan di kehidupannya. Selain itu, hari ini juga menciptakan dunia yang lebih baik dengan menentang perilaku kekerasan.

Melansir National Tody, hari tersebut ditetapkan oleh Parlemen Kanada pada 1991 untuk memperingati pembantaian tahun 1989 di Polytechnique Montréal, yang sebelumnya bernama École Polytechnique de Montréal.

Kala itu, terjadi penembakan massal antifeminis yang terjadi pada tanggal 6 Desember 1989. Sebanyak 14 wanita dibunuh, 10 wanita dan empat pria lainnya terluka.

BACA JUGA:

Data PBB juga pernah menunjukan bahwa 35 persen perempuan menjadi korban berbagai bentuk kekerasan seksual dan fisik yang dilakukan oleh pasangan intim atau bukan pasangan.

Follow Berita Okezone di Google News

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/12/05/612/2932778/tanggal-6-desember-2023-hari-apa