Teknologi Deteksi Dini Untuk Kanker Payudara Makin Canggih, Kaum Perempuan Diharapkan Rutin Lakukan Pemeriksaan
By: Date: 11 November 2023 Categories: Kanker Payudara,Pengobatan

Suara.com – Meskipun telah banyak penelitian dan upaya untuk memerangi kanker payudara, penyakit ini tetap menjadi salah satu kanker yang paling umum ditemui di kalangan wanita seluruh dunia. 

Statistik global menunjukkan bahwa jutaan wanita didiagnosa mengidap kanker payudara setiap tahunnya. Kesadaran akan pentingnya deteksi dini kemudian memainkan peran penting dalam meningkatkan kelangsungan hidup dan hasil dari pengobatan

Hal inilah yang membuat Bulan Kesadaran Kanker Payudara diperingati setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker payudara dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan deteksi dini, pencegahan, dan pengobatan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Mammomat Inspiration dari Siemens Healthineers, yang memungkinkan masyarakat Indonesia merasakan kemajuan terkini dalam teknologi pencitraan payudara. 

Sistem Mammomat Inspiration menawarkan solusi perawatan payudara yang optimal dan memberikan lingkungan yang nyaman bagi pasien selama proses pemeriksaan. Teknologi ini akan memberikan kenyamanan bagi pasien saat pemeriksaan yang sejatinya adalah hal penting untuk menghasilkan pencitraan payudara terbaik. 

Ini juga sistem mammografi dosis rendah sesuai standar dan memastikan pengalaman mammografi pasien yang unggul dan berkualitas tinggi. Selain itu, Siemens Healthineers juga bermitra dengan ScreenPoint Medical untuk menghadirkan Transpara, solusi kecerdasan buatan (AI) terdepan untuk mammografi payudara. 

Transpara merupakan alat pendukung keputusan radiologi yang dapat mempercepat alur kerja, meningkatkan kepercayaan klinis, dan menghasilkan interpretasi mammografi yang lebih baik. Transpara membantu pengguna untuk menafsirkan atau menganalisis hasil skrining payudara dan memberikan keputusan klinis yang lebih baik.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan teknologi medis mutakhir yang dapat membantu diagnosis dan pengobatan dini bagi semua orang di Indonesia. Sehingga ini dapat menginspirasi perempuan untuk memprioritaskan kesehatan mereka dengan melakukan pemeriksaan rutin karena deteksi dini adalah kunci untuk memenangkan pertempuran melawan kanker payudara,” ujar Alfred Fahringer, Country Head Siemens Healthineers Indonesia.

Untuk mengenalkan teknologi ini, Program Selangkah bersama Siloam Hospitals dilakukan untuk sama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker payudara dan menganjurkan seluruh wanita di Indonesia untuk melakukan pemeriksaan rutin dan deteksi dini.

Melibatkan komunitas lokal di beberapa lokasi di seluruh Indonesia. Inisiatif-inisiatif tersebut meliputi pemeriksaan Kanker Payudara Gratis untuk 25.000 wanita di Indonesia. Pemeriksaan ini akan memberikan wanita Indonesia akses layanan diagnostik dan informasi tentang kesehatan payudara.

Himgga Diskusi Kesehatan ‘Sadar Kanker Payudara’ yakni talkshow kesehatan mengenai kanker payudara di beberapa lokasi dengan peserta dari berbagai komunitas.

Caroline Riady, Managing Director Siloam Hospitals mengatakan, Gerakan Bulan Peduli Kanker Payudara menjadi platform penting untuk menyoroti pentingnya deteksi dini, pemeriksaan rutin, dan informasi kesehatan payudara. 

“Melalui Program Selangkah, kami berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan turut berkontribusi dalam perjuangan melawan kanker payudara,” tutup dia.

https://www.suara.com/health/2023/11/11/103500/teknologi-deteksi-dini-untuk-kanker-payudara-makin-canggih-kaum-perempuan-diharapkan-rutin-lakukan-pemeriksaan