Tingkatkan Layanan Klinis Internasional, Rumah Sakit Indonesia-Korea Selatan Jalin Kolaborasi
By: Date: 6 November 2023 Categories: kesehatan,rumah sakit

Suara.com – Grup RS Siloam (Siloam) belum lama ini bekerjasama dengan Asan Medical Center (AMC) di Seoul, Korea Selatan untuk memperluas dan mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia. Kolaborasi ini juga akan memungkinkan kedua rumah sakit dari dua negara berbeda itu untuk menjadi penyedia layanan kesehatan kolaboratif, termasuk perawatan bersama pasien dan rujukan pasien, serta pertukaran staf medis dan peneliti.

“Kami memiliki tujuan yang sama dalam upaya kami untuk meningkatkan kesehatan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan. Kami sangat senang dapat memulai kolaborasi strategis dengan Siloam, salah satu operator layanan kesehatan swasta terbesar di Indonesia yang memiliki standar internasional dan keahlian yang mendalam di bidang medis,”ujar perwakilan dari Asan Medical Center,  Sook-kyung Sung,

Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)
Ilustrasi rumah sakit. (Shutterstock)

Asan Medical Center (AMC) telah menjadi yang terdepan dalam pengembangan medis di Korea Selatan sejak didirikan pada tahun 1989. Sebagai kompleks medis terbesar di Korea, AMC memiliki 2.732 tempat tidur, 50 pusat spesialisasi, dan 56 departemen klinis, yang memberikan perawatan kepada rata-rata 13.857 pasien rawat jalan dan 2.491 pasien rawat inap setiap hari. Selain itu, AMC melakukan lebih dari 70.000 operasi kompleks setiap tahunnya.

Hubungan kerjasama strategis ini menunjukkan komitmen Siloam untuk terus memperkuat program klinis dan hasil medisnya. Kedua belah pihak dapat saling meningkatkan pengetahuan dalam kasus-kasus yang kompleks, meningkatkan kesadaran, eksposur, dan pengalaman tim medis di berbagai bidang medis, serta banyak keuntungan lainnya dari kemitraan ini.

Selain itu, para dokter dan ahli medis dari kedua rumah sakit dapat memperoleh manfaat dari penelitian dan pelatihan klinis. Siloam mengelola jaringan yang luas dengan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia dan melayani lebih dari 3 juta pasien setiap tahunnya. Dengan memanfaatkan keahlian klinis AMC yang canggih, Siloam dapat berkolaborasi dalam pelatihan bersama, penelitian dan uji klinis bersama, kunjungan lapangan, dan transfer pengetahuan akademis.

“Dalam usaha kami untuk terus meningkatkan pelayanan yang kami berikan, kami berupaya untuk menyediakan pusat unggulan untuk meringankan kebutuhan medis di negara ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan medis kami yang sudah ada dan membangun kemampuan medis yang baru. Sementara Siloam terus mengembangkan kemampuan medisnya yang komprehensif, kami berharap kolaborasi medis antara Siloam dan AMC juga akan meluas ke layanan lainnya,” ujar CEO Siloam Grup Caroline Riady.

https://www.suara.com/health/2023/11/06/112211/tingkatkan-layanan-klinis-internasional-rumah-sakit-indonesia-korea-selatan-jalin-kolaborasi