Tips Mudik Sehat saat Musim Pancaroba
By: Date: 2 Mei 2023 Categories: kesehatan

Mudik lebaran ditengah kondisi cuaca yang tidak tidak menentu, akan memberikan pengalaman yang tidak menyenangkan. Selain itu, dengan panas yang terik saat siang hari dan mendung saat sore/malam, akan menyebabkan beberapa individu yang tiidak memiliki kondisi imun yang kuat, akan mengalami sakit.

Melihat hal tersebut, maka penting bagi kita untuk mengetahui tips mudik sehat saat cuaca tidak bersahabat. Hal ini dilakukan agar perjalanan mudik yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan bebas dari penyakit.

Berikut ini adalah beberapa tips mudik saat musim pancaroba yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang akan melakukan mudik, diantaranya adalah:

Melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berkendara.

Mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat

Isitirahat yang cukup saat berkendara, yaitu dengan melakukan peregangan ketika lelah dan pegal atau setidaknya setelah 4 jam berkendara

Mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga stamina saat berkendara.

Menggunakan masker agar terhindar dari polusi dan virus.

Mengenakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak ketat

Perjalanan mudik adalah momen yang banyak ditunggu oleh masyrakat. Sehingga dengan melakukan beberapa tips mudik sehat saat musim pancaroba diatas, kita dapat terhindar dari berbagai kondisi yang tidak diinginkan, seperti terpapar penyakit maupun mengalami kecelakaan.

Jaga tubuh agar tetap fit dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat saat diperjalanan maupun Rest Area. Tidak lupa untuk segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan/posko kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit selama dalam perjalanan.

https://portkesmas.com/2023/05/02/tips-mudik-sehat-saat-musim-pancaroba/