Wabah Pneumonia Misterius Merebak di China: Rumah Sakit Mulai Kewalahan
By: Date: 24 November 2023 Categories: pneumonia

Suara.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta masyarakat di China untuk mematuhi langkah-langkah yang bertujuan menurunkan risiko penyakit pernapasan.

Selain itu, organisasi tersebut meminta informasi lebih lanjut dari pihak berwenang mengenai peningkatan kasus yang terdokumentasi di kalangan anak-anak.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada tanggal 13 November 2023, perwakilan dari Komisi Kesehatan Nasional di China mengungkapkan peningkatan prevalensi penyakit pernapasan di negara tersebut.

Ilustrasi paru-paru, pneumonia (Pixabay/oracast)
Ilustrasi paru-paru, pneumonia (Pixabay/oracast)

Wilayah utara negara ini telah melaporkan “peningkatan penyakit mirip influenza sejak pertengahan Oktober jika dibandingkan dengan periode yang sama dalam tiga tahun sebelumnya,” kata badan kesehatan PBB itu dalam sebuah pernyataan yang diposting di X.

Pada tanggal 21 November, media dan sistem pengawasan penyakit masyarakat ProMED melaporkan kelompok pneumonia yang tidak terdiagnosis pada anak-anak di China utara.

“Tidak jelas apakah hal ini terkait dengan peningkatan infeksi pernafasan secara keseluruhan yang sebelumnya dilaporkan oleh otoritas China, atau kejadian terpisah,” kata WHO seperti dikutip dari livemint. 

“WHO telah mengajukan permintaan resmi ke China untuk mendapatkan informasi rinci mengenai peningkatan penyakit pernafasan dan laporan kelompok pneumonia pada anak-anak,” tambah WHO.

Pihak berwenang China mengatakan kepada wartawan pada tanggal 13 November bahwa lonjakan penyakit pernapasan disebabkan oleh pencabutan pembatasan COVID-19 dan peredaran patogen yang diketahui, termasuk influenza dan infeksi bakteri umum yang menyerang anak-anak.

Pada tanggal 21 November, media dan sistem pengawasan penyakit masyarakat ProMED melaporkan kelompok pneumonia yang tidak terdiagnosis pada anak-anak di China utara.

WHO mengatakan tidak jelas apakah laporan ProMED terkait dengan konferensi pers pihak berwenang dan pihaknya sedang mencari klarifikasi.

WHO juga menjalin kontak dengan para dokter dan ilmuwan melalui kemitraan teknis dan jaringan kami yang ada di China.

“Kami juga meminta informasi lebih lanjut mengenai tren terkini dalam sirkulasi patogen yang diketahui termasuk influenza, SARS-CoV-2, RSV, dan mycoplasma pneumoniae, serta beban yang dihadapi sistem layanan kesehatan saat ini,” kata WHO.

Sementara itu, WHO telah menyarankan masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan, termasuk vaksinasi, menjaga jarak dari orang yang tidak sehat, tinggal di rumah ketika merasa sakit, rutin mencuci tangan, dan menggunakan masker dengan benar.

Sepanjang masa pandemi COVID-19, WHO secara konsisten menyuarakan ketidaksetujuannya terhadap otoritas China, dengan alasan kekhawatiran atas kurangnya transparansi dan kolaborasi yang mereka rasakan.

WHO mengeluarkan pedoman

Logo Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. [AFP]
Logo Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. [AFP]

WHO merekomendasikan agar masyarakat di China mengikuti langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyakit pernafasan, termasuk vaksinasi yang direkomendasikan; menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit; tinggal di rumah saat sakit; menjalani tes dan perawatan medis sesuai kebutuhan; memakai masker sebagaimana mestinya; memastikan ventilasi yang baik; dan mencuci tangan secara teratur.

WHO lebih lanjut mencatat bahwa bahkan setelah lebih dari tiga tahun sejak kasus pertama kali diidentifikasi di Wuhan, asal muasal Covid-19 masih menjadi topik perdebatan.

“Komunitas ilmiah terbagi dalam dua teori utama: kemungkinan virus keluar dari laboratorium di kota tempat virus tersebut diteliti, atau penularan dari hewan perantara ke manusia di pasar lokal,” kata WHO.

Awal tahun ini, para ahli WHO mengatakan mereka yakin bahwa Beijing memiliki lebih banyak data yang dapat menjelaskan asal usul COVID-19, dan menyebutnya sebagai keharusan moral agar informasi tersebut dibagikan, AFP melaporkan.

Baca Juga: WHO memperingatkan tren Covid-19 yang meresahkan dalam beberapa bulan mendatang, mengatakan ‘memantau dengan cermat varian Omicron baru…’

Pada awal tahun 2021, sekelompok spesialis, yang dipimpin oleh WHO dan bekerja bersama rekan-rekan China, melakukan penyelidikan di China. Namun, tidak ada tim berikutnya yang dapat kembali, dan pejabat WHO secara konsisten meminta data tambahan.

https://www.suara.com/health/2023/11/24/101802/wabah-pneumonia-misterius-merebak-di-china-rumah-sakit-mulai-kewalahan