Waspada, Cacar Monyet Ternyata Bisa Sebabkan Kebutaan Loh – Okezone
By: Date: 8 Juni 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

PENYAKIT cacar monyet yang tengah melanda beberapa daerah di Eropa dan Amerika Serikat (AS) memang cukup menyita perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO). Mereka yang mengalami cacar monyet pun biasanya mendapati beberapa gejala seperti ruam atau bintik merah di kulit bahkan bulu rontok.

Tapi, Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr Irma Rezky Ratu, Sp.A(K), menyebut cacar monyet juga bisa menyebabkan kerusakan yang permanen. Salah satu komplikasi serius akibat cacar monyet adalah kebutaan.

“Lesi cacar monyet itu bisa muncul di area mata. Kalau itu terjadi, bisa sebabkan radang kornea hingga akhirnya kebutaan,” papar dr Irma di Live Instagram @idai_ig, kemarin (7/6/2022).

Tak hanya itu, jika bicara komplikasi dari cacar monyet, dr Irma menjelaskan bahwa ada beberapa penyakit yang bisa muncul akibat cacar monyet. Adalah terbentuknya bopeng di kulit yang dikategorikan sebagai cacat permanen pada kulit.

“Selain itu, cacar monyet juga bisa menyebabkan infeksi bakteri sekunder, mukosa kulit terganggu. Bahkan, pada kasus tertentu cacar monyet juga menyebabkan radang paru,” tambah dr Irma.

Dengan adanya komplikasi tersebut, ia mengimbau kepada semua masyarakat, khususnya orangtua, agar membawa segera anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut jika menemukan ada perbedaan di kulit si anak.