Waspada! Diduga Penyebab Kasus Meningkat Pesat di India, Kenali Gejala Subvarian Covid-19 Arcturus
By: Date: 11 April 2023 Categories: gejala

Suara.com – Kasus Covid-19 di tanah air berangsur-angsur mulai surut. Rumah sakit darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran juga sudah resmi ditutup beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, ternyata momok Covid-19 belum berhenti. Baru-baru ini kasus Covid-19 di India kembali meningkat secara signifikan.

Peningkatan kasus itu diduga dipicu oleh varian baru CBB.1.16 atau yang dikenal sebagai varian Arcturus. Melansir dari Live Mint, para ahli menemukan gejala baru yang muncul bahkan belum pernah ditemukan pada gelombang Corona sebelumnya.

Gejala tersebut bahkan terbilang cukup banyak menyerang anak-anak. Lantas, seperti apa gejala Covid-19 varian Arcturus ini?

Baca Juga: Dokter Ini Beberkan Lonjakan Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia Baru-baru ini, Warganet Dibuat Was-was

  • Demam tinggi
  • Pilek
  • Batuk
  • Konjungtivis gatal dan mata lengket
Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (Pixabay)

Gejala tersebut cukup dominan terjadi pada pasien Covid Arcturus. Untuk konjungtivisi gatal dan lengket merupakan gejala baru yang belum pernah ada pada varian Covid-19 sebelumnya.

Pejabat WHO Maria Van Kerkhove mengungkapkan subvarian ini sudah beredar selama beberapa bulan. Meski demikian, menurutnya virus ini tak menyebabkan penyakit yang lebih parah.

“Salah satu hal yang sangat kami khawatirkan adalah potensi virus berubah menjadi tidak hanya lebih menular, tetapi juga lebih parah. Jadi kita harus tetap waspada,” kata Van Kerkhove.

Meski ada subvarian baru, ada baiknya untuk tetap tenang dan waspada. Penerapan protokol kesehatan bisa diaplikasikan untuk mengurangi potensi terpapar Covid-19.

Baca Juga: Covid-19 Varian Archturus Melonjak di India, Ketua MPR Minta Perketat Pintu Masuk Negara

https://www.suara.com/health/2023/04/11/165035/waspada-diduga-penyebab-kasus-meningkat-pesat-di-india-kenali-gejala-subvarian-covid-19-arcturus